Orang Tua Suka Bercanda Dengan Anak? Ini Manfaatnya…
Sumber: www.perthnow.com.au

Parenting / 10 September 2015

Kalangan Sendiri

Orang Tua Suka Bercanda Dengan Anak? Ini Manfaatnya…

Lori Official Writer
10357

Ada berbagai macam pola asuh yang baik untuk membuat anak bahagia. Salah satunya adalah mengajak anak bercanda dan bermain dengan balita akan memberikan perkembangan yang baik bagi anak-anak. Perkembangan apa sajakah itu?

Bercanda mampu meningkatkan kemampuan sosial anak

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di Festival Dewan Riset Ekonomi dan Ilmu Sosial pada 2011 lalu mengatakan bahwa bercanda dengan balita dapat membantu mereka sukses secara sosial. Anak akan menerima stimulasi ketika orang tua mulai bercanda dengan mereka. Biasanya anak-anak ini akan tumbuh dengan berpikir kreatif, mudah bergaul dan mampu mengelola stres.  

“Orang tua, pengasuh dan pendidik tidak boleh meremehkan pentingnya berinteraksi dengan anak-anak sejak dini lewat bercanda dan permainan pura-pura. Menghabiskan waktu melakukan hal yang menyenangkan bersama anak-anak akan membantu mereka belajar bagaimana melakukannya sendiri dan mengajarkan keterampilan yang penting pada masa kanak-kanak dan seterusnya,” kata peneliti, Dr. Elena Hoicka dari Universitas Stirling, Skotlandia, seperti dilansir Detik.com.

Hoicka menyampaikan bahwa interaksi sederhana dengan anak berusia di bawah 3 tahun akan membantu membangun ikatan orang tua dengan anaknya. Interaksi itu akan memberikan keterampilan sosial yang penting. Misalnya ketika orang tua cenderung menggunakan isyarat ketika melakukan lelucon dengan menunjukkan ketidakpercayaan melalui bahasa dan menggunakan nada suara yang lebih bersemangat.

Bercanda meningkatkan kecerdasan anak

Manfaat lain dari membuat anak tertawa adalah meningkatnya aspek kognitif anak seperti perhatian, motivasi, persepsi, daya ingat dan kecerdasan dalam belajar.

Hal ini telah diteliti oleh Rana Esseily dari Paris West University Nanterre La Defense dan rekan-rekannya terkait penelitian tentang kaitan antara humor dengan kemampuan balita dalam belajar.

Penelitian yang melibatkan bayi usia 18 bulan ini menemukan bahwa anak-anak yang sering tertawa karena tingkah laku orang dewasa mampu mengulangi sebuah tindakan daripada mereka yang tidak tertawa.

Dalam penelitian ini, kecerdasan anak dalam belajar ternyata berkaitan dengan kebahagiaan anak. Dalam kata lain, mental anak yang bahagia mendukung anak-anak untuk mencoba dan berhasil ketika mempelajari sesuatu.

Selain meningkatkan kemampuan sosial dan daya kognitif anak, bercanda dan tertawa ternyata bisa meningkatkan hormon dopamin di otak yang pada akhirnya menimbulkan efek positif pada kemampuan belajar anak. Jadi, jangan ragu mengajak anak Anda bercanda dan tertawa.


Jadilah bagian dari kami, mari bermitra dengan kami (Mitra CBN) mendukung pelayanan lewat media dan membawa dampak positif lewat website www.jawaban.com Klik DI SINI.


Sumber : Okezone.com/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami