Ini Alasan Israel Tolak Tampung Pengungsi Timur Tengah

Nasional / 10 September 2015

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Israel Tolak Tampung Pengungsi Timur Tengah

daniel.tanamal Official Writer
4913

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Israel telah menegaskan bahwa mereka menutup pintu untuk gelombang pengungsi Timur Tengah yang terdesak pergi dari tanah airnya karena perang yang terus berkecamuk. Dinyatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, luas negaranya terlalu kecil untuk menyambut para pengungsi, namun tetap akan merawat mereka yang menjadi korban perang.

Pernyataan Bibi, panggilan Nentayahu itu menyambut permintaan pemimpin partai oposisi utama Serikat Zionis, Isaac Herzog, agar para pemimpin Israel mau "menyerap pengungsi konflik Suriah", negara tetangga yang dianggap musuh oleh Israel. Namun, negara ini sangat kecil. Kami tak memadai secara geografis maupun demografis," kata pemimpin sayap kanan itu, Minggu (6/9).

Menurutnya, membawa masuk pengungsi Timur Tengah juga akan mengganggu keseimbangan Israel yang didominasi orang Yahudi. Saat ini, sekitar seperlima dari 8.3 juta populasinya adalah orang Arab. Meskipun belum ada seruan internasional agar Israel membuka perbatasannya bagi pengungsi Suriah, Herzog berpendapat Netanyahu punya tugas moral untuk menerima mereka. "Perdana Menteri orang Yahudi tidak akan menutup hati dan gerbangnya saat orang-orang, dengn membawa bayi, berlari menyelamatkan diri mereka dari penganiaya," imbuh Herzog.

Mengutip bahaya yang dihadapi pengungsi Palestina yang telah lama tinggal di kamp-kamp di Suriah, Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkata mereka mesti diizinkan masuk ke Tepi Barat yang tengah diduduki Israel, di mana Palestina berkuasa secara terbatas. Israel berkata, keseluruhan masalah hak kembali bagi pengungsi Palestina akan diselesaikan hanya sebagai bagian dari perjanjian damai akhir. Dialog Israel-Palestina terhenti tahun 2014 lalu.

Dilansir dari Reuters, foto-foto ribuan pengungsi yang mengacaukan lalu lintas kereta di Eropa demi mencari tempat berlindung dari konflik Timur Tengah menyentil negara yang didirikan tiga tahun setelah pembantaian Nazi terhadap Yahudi itu.


Sumber : CNN Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami