Bingung Orang Lain Selalu Punya Budget Liburan? Ini Rahasianya

Bingung Orang Lain Selalu Punya Budget Liburan? Ini Rahasianya

Lori Official Writer
2760

Budget kerap kali menjadi penghambat seseorang melakukan liburan. Di sisi lain, banyak orang yang justru tampak tidak terkendala biaya meski telah kerap berlibur ke berbagai tempat dan negara.

Meski tak dimungkiri memang, bahwa ketersediaan uang adalah faktor utama untuk bisa berlibur. Salah satu solusi agar rencana liburan tak lagi terkendala adalah merencanakan dana traveling dengan menabung. Untuk hal ini dibutuhkan perjuangan yang keras untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan ke rekening khusus liburan.

Menabung dengan mata uang asing

Bagi Anda yang suka berlibur ke luar negeri, patut menyadari bahwa dolar menjadi mata uang yang sangat penting. Sehingga akan jauh lebih berarti bila setiap bulannya, Anda bisa menabung uang tukaran rupiah ke dalam pecahan dolar di rekening liburan. Selain dolar, poundsterling juga merupakan mata uang yang laku di banyak negara.

Mencicil kebutuhan rencana liburan

Menabung tak hanya bisa dilakukan dalam wujud uang. Anda bisa mencicil kebutuhan liburan yang sudah Anda tentukan. Misalnya, bulan pertama mengeluarkan uang untuk beli tiket perjalanan, bulan kedua booking hotel/guesthouse, ketiga beli perlengkapan perjalanan, dan selanjutnya.

Anda bisa melakukan ini setidaknya enam bulan sebelum keberangkatan liburan.

Pisahkan tabungan liburan dan tabungan kebutuhan

Memisahkan dana liburan dengan tabungan lainnya akan sangat baik. Sangat disarankan agar tabungan liburan itu terpisah dari pengeluaran rutin tiap bulan seperti pembayaran tagihan dan belanja bulanan. Hal ini akan mendorong para pecinta traveling, setidaknya, menghabiskan waktu liburan minimal sekali dalam sebulan.

Cari pekerjaan tambahan

Merasa musthail bisa menyisihkan biaya liburan dari penghasilan yang pas-pasan? Anda bisa saja mencari solusi lain untuk bisa mengumpulkan dana liburan, yaitu mencari pekerjaan tambahan. Bisa dengan menjadi reseller atau mengajar les. Itung-itung bisa menambah budget rencana liburan Anda ke tempat atau negara yang Anda sukai.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Let share!
Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda.  Caranya? Klik disini

Sumber : Detik.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami