Selain Google, 9 Perusahaan Teknologi Ini Juga Ikut Ganti Logo
Sumber: www.techradar.com

Entertainment / 2 September 2015

Kalangan Sendiri

Selain Google, 9 Perusahaan Teknologi Ini Juga Ikut Ganti Logo

Lori Official Writer
6685

Google baru saja meluncurkan perubahan logo perusahaannya yang ke tujuh sejak berdiri pada tahun 1998. Seperti ditulis di blog Google, perubahan logo yang muncul pada Selasa (2/9) ini, sudah direncanakan sejak awal tahun lalu. Perubahan bertujuan agar logo Google bisa lebih sesuai dengan semua jenis perangkat yang ada, seperti penggunaan smartphone berlayar kecil.

Perubahan yang nyata di logo Google saat ini adalah penggunaan logo huruf G kapital yang menjadi simbol Google yang kini telah berdiri sendiri. Sementara huruf ‘e’ di logo Google sengaja di rotasi ke atas, untuk menunjukkan paradigma Google yang mencoba untuk berdiri di jalur berbeda dari sesuatu yang sudah konvensional.

Tetapi apa yang dilakukan Google hari ini terhadap logo perusahaannya juga sudah dilakukan oleh perusahaan teknologi lain. Berikut 9 perusahaan yang mengubah logo bisnis sepanjang tahun 2015, seperti:

1. Facebook

Pada bulan Juni lalu, Facebook menunjukkan logo terbarunya. Jika diperhatikan, tak ada perubahan yang terlalu signifikan dari hal ini. Sebab hanya mengubah huruf ‘a’ menjadi huruf biasa dan warna biru background yang lebih terang, sementara huruf ‘f’ tetap saja dipertahankan.

2. Lenovo

Bulan Juni, Lenovo mengubah tampilan logo Italic birunya. Tulisan Lenovo dibuat menjadi horizontal dan huruf ‘L’ kapital. Warna background juga diubah menjadi warna biru cerah.

3. Quirky

Perusahaan pemasaran produk lewat interaksi antar komunitas global secara online ini juga telah mengganti logonya pada bulan Juni 2015 lalu. Huruf dalam Quirky disingkat menggunakan mirip seperti simbol @.

4. Stubhub

Stubhub memperbaharui tampilan logonya untuk pertama kali setelah berdiri selama 10 tahun pada bulan Juli 2015 lalu. Logo lama yang tampil lebih berwarna dengan membubuhi tanda seru ‘!’ sedikit diubah menjadi satu warna biru dengan alasan perusahaan tidak lagi hanya berfokus dalam penjualan tiket.

5. Luxe

Aplikasi penyedia parjir online Luxe berubah nama dan logo pada bulan Juli 2015 lalu. Di logo baru ini, tampilan Luxe diubah menjadi sederhana, mencopot tanda berlian di depan. Luxe ditulis dengan huruf kapital bersambung dan memilih warna biru sebagai background.

6. RunKeeper

Di bulan Juli, aplikasi fitness RunKeeper juga memasang design logo barunya. Logo lama yang dibubuhi dengan gambar kotak kecil warna biru menjadi hanya membubuhkan huruf ‘R’ berwarna hijau oranye. Sementara kata ‘runkeeper’ ditulis bersambung dengan huruf kecil berwarna hitam.

7. Flipkart

Di bulan Mei 2015 lalu, perusahaan belanja online Flipkart mengubah logonya menjadi tas belanja berwarna oranye. Logo tas belanja ini dinilai jauh lebih cocok dengan para pengguna mobile.

8. Oculus

Perusahaan perangkat virtual Reality (VR) telah menghapus simbol mata satu dari logonya di bulan Juni 2015 lalu. Logo tersebut lalu diubah hanya menerakan lubang kecil yang mirip dengan huruf ‘O’.

9. Quora

Sebulan setelah bergabung dalam Kombinator Y pada Mei 2015, situs populer pertanyaan dan jawaban mengubah logo mereka menjadi huruf yang lebih kecil dan terang. Yang membedakan adalah huruf ‘Q’ yang lebih berjuntai dan memperbaharui masalah jarak antara huruf ‘r’ dan ‘a’.

Sama seperti Jawaban.com yang juga berubah logo pada Agustus 2014 silam menjadi lebih berbeda. Perubahan logo tersebut tentunya dilakukan dengan pertimbangan yang matang, misalnya ingin menyesuaikan logo dengan perangkat yang tengah digandrungi konsumen saat ini sehingga lebih bersahabat.

Sumber : Businessinsider.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami