Ahok dan KPK Kerja Sama Cetak Generasi Muda Anti Korupsi

Ahok dan KPK Kerja Sama Cetak Generasi Muda Anti Korupsi

Lori Official Writer
5829

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) rencananya akan bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencetak generasi muda anti korupsi. Kerja sama ini akan diwujudkan dalam bentuk pengadaan pelatihan atau training mengenai korupsi kepada anak-anak.

Ahok menimbang pengajaran anti korupsi ini harus diterapkan sejak dini kepada generasi muda agar kelak tidak menjadi pejabat yang koruptif. “Kita program terbaru adalah kerja sama dengan KPK. Kita mau bikin trainee (pelatihan, red). Jadi anak kecil dilatih mengetahui hal-hal anti korupsi,” ucap Ahok usai menggelar perayaan Hari Anak Nasional di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara, seperti dikutip Detik.com, Rabu (26/8).

Ahok menjelaskan pelatihan ini akan dilakukan saat orientasi sekolah. Anak akan diuji dengan ‘deteksi dini’ potensi perilaku korupsi dengan bentuk questionnaire atau pertanyaan-pertanyaan. Misalnya, seorang anak yang akan lulus SD ditanyai pandangan soal boleh atau tidaknya pesta kelulusan yang digelar di hotel. Bila si anak menjawab tidak karena dianggap terlalu mewah, berarti anak mempunyai pemahaman hidup yang sederhana. “Bila anak itu bilang (pesta kelulusan SD di hotel), maka ‘kartu merah’ ini, dia mesti di training,” ucap Ahok.

Pelatihan yang akan dijalani anak rencananya akan berisi tentang pemberian pemahaman yang benar kepada anak soal hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Misalnya dalam kasus boleh atau tidak bolehnya siswa memberi guru hadiah. Bila tindakan itu boleh dilakukan, maka bisa saja berimplikasi pada sikap guru yang kompromis kepada siswa. Misal, ketika anak terlambat guru akan memperbolehkan dia masuk karena sikap anak yang kerap memberi guru hadiah.

“Jadi anak-anak ini dilatih, mana yang boleh dan mana yang enggak. Oknum politisi yang korup bilang, ‘Itu kan hak kami’, Nyolong itu kan ‘hak kami’. Minta persentasi itu kan ‘hak kami’. Itu kan konyol,” terang Ahok.

Oleh karena itu, Ahok menyadari pengajaran anti korupsi sejak dini penting sekali diberikan kepada anak. Agar kelak tidak berlaku kompromi dan kongkalikong ketika menjadi pejabat, seperti banyak dilakukan para pejabat yang terlibat kasus korupsi saat ini.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami