Gereja Aceh Terbakar, Pdt Elson Lingga Serukan Kesatuan
Sumber: News9.com

Nasional / 24 August 2015

Kalangan Sendiri

Gereja Aceh Terbakar, Pdt Elson Lingga Serukan Kesatuan

Lori Official Writer
10803

Bishop Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD), Pdt Elson Lingga menyerukan kekompakan dan kesatuan pihak gereja dalam meresponi peristiwa kebakaran gedung GKPPD pada Selasa, 18 Agustus 2015 pekan lalu. Ia menyampaikan adanya unsur kesengajaan pembakaran gereja berdasarkan informasi yang di dapat di lokasi kejadian.

Ia menegaskan, dugaan itu diperkuat oleh temuan jejak kaki serta rencong yang tertinggal di tempat kejadian perkara (TKP). Selain itu, peristiwa kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan gereja dianggap begitu singkat. Gedung gereja ditemukan telah rata hanya berkisar dalam 20 menit saja. Untuk itu, ia menghimbau agar pihak gereja menyikapi pembakaran sebagai pelajaran berharga untuk menguji kepedulian.

“Kita harus kompak menyikapi pembakaran gereja GKPPD Mandumpang. Ini jadi pelajaran berharga menguji kepedulian kita,” terang Pdt Elson Lingga, seperti dikutip Satuharapan.com, Sabtu (22/8).

Sementara anggota majelis di salah satu gereja GKPPD Jkarta, Jansen Sinamo mengatakan peristiwa pembakaran gereja memang sudah merupakan hal lazim di Aceh Singkil, kendatipun masyarakatnya adalah mayoritas Kristen. Ia menjelaskan, setiap kali peristiwa kebakaran gereja, masyarakat sudah menanggapi sebagai hal yang biasa. “Di masa kami kecil, kami sudah sering mendengar berita bahwa gereja Pakpak di Singkil dibakar. Kalau dibakar, ya kita bangun lagi,” terangnya.

Namun Jasen berharap agar peristiwa kebakaran GKPPD Mandumpang ini bisa diusut tuntas oleh pihak kepolisian. Dirinya bahwa sudah berkoordinasi dengan Bishop GKPPD, Pdt Elson Lingga untuk mengumpulkan beragam informasi pendukung, dan kemudian akan bersama-sama berdiskusi dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Jakarta.

Seperti diketahui, gedung GKKPD Mandumpang terbakar pada Selasa (18/8) pada pukul 01.00 WIB. Menurut saksi, kebakaran pertama kali diketahui oleh salah seorang anggota jemaat yang tinggal dekat dengan gereja. Awalnya kebakaran terdengar seperti suara deru api yang kemudian membumbung tinggi dan melahap seluruh bangunan gereja hingga rata.

Sumber : Satuharapan.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami