Baca Di Sini! Alasan Anak Dewasa Sebelum Waktunya
Sumber: Google

Parenting / 21 August 2015

Kalangan Sendiri

Baca Di Sini! Alasan Anak Dewasa Sebelum Waktunya

Theresia Karo Karo Official Writer
9029

Perkembangan pesat teknologi dan industri kecantikan disebut sebagai salah satu penyebab anak dewasa sebelum waktunya. Hal ini terungkap melalui sebuah survei yang dilakukan di Inggris. Sekitar 90 persen orang tua mengaku khawatir dengan kondisi anak-anaknya yang tumbuh lebih cepat dari usia mereka sebenarnya.

Belum lagi dengan kehadiran media sosial sebagai alat komunikasi yang dianggap memberikan pengaruh negatif terhadap penghargaan diri anak-anak mereka. Terbukti dengan banyaknya anak-anak yang menganut paham bahwa penampilan mereka akan menentukan kualitas sosial dalam lingkungan pertemanan.

Survei oleh situs Netmums ini menemukan bahwa 45 persen orang tua resah kala melihat anak-anaknya yang terobsesi memiliki tubuh proporsional di usia yang masih tergolong sangat muda. Bila anak perempuan tertekan karena ingin memiliki tubuh kurus, anak lelaki berambisi untuk memiliki tubuh berotot dan maskulin.

Para responden menyebutkan bahwa anak-anak menjadikan tren dari media sosial sebagai panutan. Bahkan mereka tidak peduli dengan baik atau buruknya tren tersebut. Menurut para orang tua, industri mode dan kecantikan ambil andil besar dalam pengaruh buruk bagi anak-anak.

Salah satunya, pemasaran produk busana yang provokatif untuk anak usia remaja. Hal ini juga semakin diperparah dengan eksploitasi media terhadap kehidupan selebriti yang gemar menggunakan pakaian seksi dan mengumbar hal-hal seksual lainnya. Sehingga peran mereka yang adalah publik figure, mampu mendoktrin anak-anak untuk menjalani gaya hidup yang sama.

Hal ini semakin diperkuat dengan survei yang pernah dilakukan pada tahun 2012. Survei oleh The 2012 Mission Australia National Youth menemukan bahwa 43 persen remaja Australia mengalami krisis kepercayaan diri. Terutama menyangkut bentuk tubuh yang jauh dari penampilan selebriti idola mereka.

Seorang psikolog yang puluhan tahun menangani remaja bermasalah menyatakan bahwa dirinya tidak terlalu terkejut dengan fenomena anak-anak kecil yang tumbuh dewasa sebelum waktunya. “Pasien saya yang berusia 10 tahun memiliki tingkat stres dan masalah seperti anak usia 14 tahun,” ungkap Dr Michael Car-Egg.

Menurutnya, pemicu anak-anak tumbuh dewasa adalah karena mereka tidak lagi memikirkan hal-hal yang biasa dipikirkan anak-anak seumurannya. Sebaliknya, mereka justru memikirkan masalah orang dewasa.

Semua masalah ini sebenarnya dapat diatasi, dengan melibatkan peran penting orang tua. Pendampingan yang tepat oleh orang tua disebut mampu menangkal pengaruh buruk dari luar. Bukan sekedar melarang mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai usianya. Jelaskan juga alasan kenapa Anda melarang mereka, sehingga buah hati bisa mengerti benar.

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami