Ben Soebiakto:  Kolaborasi Kunci Untuk Berkembang & Sukses
Sumber: Jawaban.com

Profile / 20 August 2015

Kalangan Sendiri

Ben Soebiakto: Kolaborasi Kunci Untuk Berkembang & Sukses

Puji Astuti Official Writer
6265

Industri kreatif sudah menjadi passion Benhard Soebiakto sejak masa remajanya. Namun langkahnya memasuki industri kreatif bukanlah kisah biasa, karena dimulai dari sebuah kegagalan saat ia masih duduk dibangku SMA, yaitu tidak naik sewaktu ia kelas 2. Lahir dari keluarga terpandang dan berpendidikan, tidak naik kelas menjadi tekanan tersendiri baginya.

“Titik baliknya, saat saya ikut seminar tentang desain industri kreatif. Sungguh ini yang saya cari. Saya juga punya visi ke sana dan bertekad harus berhasil. Saya lalu mulai bikin perusahaan jasa cetak dan bikin desain. Masih kecil-kecilan,” demikian penuturannya di Tabloidnova.com.

Dari sana, Ben bersama beberapa orang teman sekolahnya memulai usaha disain, dan ternyata usaha kecil itu terus berkembang.  Tidak hanya itu, sambil membangun usahanya ia melanjutkan studinya dan kuliah di bidang desain grafis dan lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Walau usahanya terus berkembang, Ben tidak cepat puas. Ia terus belajar dan mengembangkan jaringan. Hingga pada tahun 2005, sebuah pengertian baru tentang arti kolaborasi menjadi sebuah awal perubahan baginya.

“Sampai tahun 2005, saya mulai mengerti konsep kolaborasi. Saya berpendapat, menjadi enterpreneur itu tidak harus menjadi satu-satunya pemilik perusahaan. Sampai detik ini, masih banyak pengusaha yang berpandangan, lebih baik punya 100 saham daripada membagi-bagikan sahamnya. Pada kenyataannya, bersinergi dengan beberapa kekuatan justru membuat kita lebih cepat berkembang,” demikian ungkapnya.

Dengan pemikiran baru itu ia mulai membuka peluang untuk bekerjasama dengan banyak orang dalam berbagai bidang, terutama industri kreatif. Mulai dari perusahaan iklan hingga perfilman. Dalam kolaborasi tersebut bukan hanya ia belajar banyak hal yang baru, namun juga membagikan apa yang telah ia ketahui dengan mitra-mitra kerjanya. Dari sinilah lahir Oktovate Group, sebuah perusahaan inkubator dan investasi yang menaungi belasan usaha kreatif.

Lalu apa yang menjadi visi Ben ke depan?

“Ke depan, saya ingin bisa kerja sama dengan insan kreatif manapun. Bisa musisi, film maker, fotografer atau desainer. Saya punya satu misi untuk mendidik creative enterpreneur yang punya potensi. Orang-orang kreatif kebanyakan tidak suka melakukan bisnis manajemen. Seorang penulis hanya suka menulis tapi tidak suka manajemen bekerja. Saya sebagai partner yang mendidik dan meng-guidance, perusahaan ini mau dibawa ke mana. Saya senang, sinergi dengan orang-orang kreatif itu menjadikan grup ini solid dan kuat.”

Apakah Anda adalah orang yang dicari Ben Subiakto ini? Jika Anda adalah insan kreatif dan ingin belajar langsung dari Ben Subiakto dan tokoh-tokoh yang bergelut dalam dunia kreatif dan anak muda maka Anda harus hadir dalam IMAGO Creative Confrence  2015 pada Jumat, 19 September 2015. Untuk info lebih lengkap kunjungi www.imagoplanet.com.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami