5 Tips Menjadi Sales Handal Ala Albert Einstein

5 Tips Menjadi Sales Handal Ala Albert Einstein

Lori Official Writer
6058

Berkarier sebagai sales memang menjadi pilihan bagi mereka yang berjiwa bisnis dan memiliki pengetahuan tentang strategi penjualan. Untuk sukses di bidang ini, seorang sales setidaknya menguasai beberapa skill yang ditularkan oleh ilmuwan dan fisikawan jenius Albert Einstein ini:

1. Gunakan rasa ingin tahu dan hasrat untuk menggeluti bidang ini

Seperti kebiasaan Albert Einstein yang mengembangkan berbagai teori-teori fisika yang diakui dunia hingga saat ini, seorang sales dituntut untuk memiliki rasa ingin tahu dan hasrat besar untuk belajar banyak hal tentang strategi penjualan.

2. Selalu optimis dan pantang menyerah

Setiap pekerjaan memang memiliki kesulitannya masing-masing. Perjalanan untuk menjadi sales handal juga akan melewati hal serupa. Menjadi optimis dan pantang menyerah atas target penjualan yang telah ditetapkan akan menjadi energi besar bagi seorang sales. Mengalami penolakan dari calon konsumen bukan berarti harus berkecil hati, tetapi teruslah maju dan berfokus ke depan. Tantangan demikian memang akan rentan dialami oleh sales sehingga anggap saja sebagai tantangan biasa dalam pekerjaan Anda.

3. Jangan takut melakukan kesalahan

Seorang Albert Einstein yang jenius sekalipun pernah melakukan kesalahan dalam pekerjaannya. Mungkin ia hanya pernah menyesali pembuatan bom nuklir yang menewaskan ratusan ribu orang saat peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki Jepang oleh Amerika, tetapi ia mengambil hikmah dari hal itu agar dunia tidak lagi menggunakan bom nuklir dengan sembarangan. Seorang sales juga pasti pernah melakukan kesalahan, tetapi ketika hal itu terjadi gunakanlah kesalahan sebagai alat pembelajaran untuk menjadi lebih baik (baca artikel: Belajar Gagal Dari Seorang Sales)

4. Berpikir cerdaslah

Albert Einstein pernah berkata bahwa sesuatu yang sama yang dilakukan secara berulang-ulang dengan harapan hasil yang berbeda adalah hal yang gila. Sehingga diperlukan pemikiran yang cerdas untuk mengubah startegi yang digunakan jika strategi sebelumnya gagal. Dalam berbisnis, bereksperimen dan berinovasi menjadi dua acara terbaik untuk bisa meraih sukses.

5. Berorientasi pada kepuasan konsumen

Einstein adalah sosok yang meraih sukses lewat kontribusi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi banyak orang. Mereka yang berprofesi sebagai sales pun seharusnya berorientasi demikian, bukan malah hanya berpikir tentang keuntungan yang berhasil dikumpulkan. Bagaimana menciptakan kesan yang baik dimata konsumen adalah tujuan utama. Saat menjual suatu produk usahakan untuk memiliki prospek yang bagus dalam jangka waktu yang panjang.

Sumber : Ciputraentrepreneurship.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami