Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
5853


Seiiring perkembangan zaman, gaya hidup telah berubah. Begitu pula dengan gaya berpacaran orang modern saat ini. Banyak yang telah meninggalkan norma-norma baik yang ditetapkan oleh lembaga gereja atau budaya masyarakat yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya karena dianggap kuno dan tidak kekinian.

Tetapi setiap orang percaya sepatutnya menyadari bahwa Tuhan juga menghendaki hubungan pacaran yang sesuai dengan firman-Nya. Dimana hubungan antara laki-laki dan perempuan   dirancangkan untuk tujuan pernikahan yang suci. Sehingga untuk menuju tahap tersebut, pria/wanita yang tengah berpacaran patut menerapkan pola berpacaran yang sehat berikut:

#1 Saling mengenal secara lebih dekat

Masa pacaran adalah masa dimana pria/wanita saling mengenal satu sama lain lewat jalinan persahabatan. Lalu hubungan itu diketahui oleh masing-masing keluarga atau gereja. Saat keduanya sudah melangkah untuk saling mengenal, maka ada tujuan yang hendak dicapai lewat hubungan tersebut, yaitu pernikahan.

Hal ini berbeda jauh dengan pacaran orang modern saat ini dimana hubungan biasanya diawali dengan saling tertarik, kemudian menjalani masa-masa pacaran tanpa diketahui keluarga atau gereja. Dan hubungan itupun bisa tidak bertujuan untuk menikah.  

#2 Terapkan konsep pacaran adalah hubungan persahabatan

Pacaran adalah masa untuk membangun persahabatan yang baik satu sama lain. Persahabatan yang tumbuh secara natural akan menghasilkan waktu bersama yang efektif. Hubungan ini juga bisa menjadi jalan untuk saling mengetahui tentang harapan, keinginan dan karakter satu dengan lainnya. Berbagi tentang berbagai aspek kehidupan yang dijalani sehari-hari.

#3 Sadari peran masing-masing

Seperti peran yang berbeda yang dituliskan dalam Alkitab, pria diciptakan untuk menjalankan perannya sebagai pemimpin. Ini adalah hal yang telah diterapkan dalam gereja dan keluarga. Tuhan telah merancangkan dari awal bahwa bahwa laki-laki harus berinisiatif dan perempuan meresponi (Kejadian 2; 1 Korintus 11:7-9; Efesus 5).

#4 Bertumbuhlah dalam iman dan menjadi berkat

Sebuah hubungan berpacaran yang sehat adalah ketika hubungan tersebut menjadi berkat bagi banyak orang. Artinya, pasangan sudah saling mengenal potensi satu sama lain, terutama dalam hal spiritual. Seiring menjalani hubungan, keduanya bisa berbagi kesaksian dan berbicara secara mendalam tentang visi dan misi dalam pelayanan. Keintiman dalam waktu doa bersama juga harus tumbuh dengan baik.

#5 Mengikat komitmen dalam pertunangan bukan berarti tidak menjaga kekudusan

Pertunangan adalah bagian perjalanan hubungan yang penting setelah menikah. Namun tunangan tidak sama dengan menikah. Selama proses pernikahan belum berlangsung, tunangan belum menjadi pasangan yang sah. Tetapi keduanya telah diikat dalam sebuah ikatan sah, satu langkah menuju pernikahan. Sehingga keduanya diharap dalam saling menjaga kekudusan hingga tiba pada waktunya keduanya diikat dalam pernikahan suci.


Sumber : Boundless.org/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Teresia 18 January 2020 - 09:39:24

Shalom. Adakah rekomen rehabilitasi Kristen yg bag.. more..

0 Answer

chelynn amarissa 16 January 2020 - 20:14:52

Terjemahkan dalam bahasa indonesia

0 Answer

Desty Christian 16 January 2020 - 16:18:35

bebas hutang

0 Answer


King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Varris Sitio 7 January 2020 - 10:34:31
Syaloom, mungkin ini kedengaran seperti biasa namu... more..

Banner Mitra januari 3


7264

advertise with us