Ini Alasan Menag Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

Ini Alasan Menag Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

Theresia Karo Karo Official Writer
5390

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengundang Paus Fransiskus untuk datang ke Indonesia. Hal ini diungkapkannya saat menerima kunjungan Kardinal Pietro Parolin dari Secretary of State Vatikan di Jakarta, Rabu kemarin (12/8).

“Dengan segala kerendahhatian, kami mengundang Paus Fransiskus untuk berkenan berkunjung ke Indonesia,” ungkapnya. Undangan ini dilayangkan Menteri Agama dengan tujuan untuk bisa membahas berbagai isu terkait perdamaian dan pencegahan konflik antarumat beragama di Indonesia.

Kepada Kardinal, Lukman juga mengungkapkan peranan para pemuka agama, termasuk pemuka agama Katolik dan jajaran keuskupan yang ada di semua provinsi di Indonesia dalam meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan masyarakat Indonesia. Hal ini disebutnya cukup membantu misi Kementerian Agama dalam menjaga perdamaian antarumat beragama.

Menurut Lukman, kedatangan pemimpin tertinggi umat Katolik ini nantinya bisa meneguhkan semangat dialog antarumat beragama. Seperti yang selama ini Paus Fransiskus telah usahakan dalam setiap kunjungannya di berbagai negara di dunia.

“Upaya untuk selalu membangun dialog antarumat beragama merupakan sesuatu yang sangat positif, dan kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas apa yang selama ini dilakukan oleh Paus Fransiskus yang dampaknya sangat baik bagi Indonesia dan juga dunia,” terang Lukman.

Disamping itu, Menag juga ingin menunjukkan tentang kondisi kehidupan beragama di Indonesia, sekaligus mengajak Paus Fransiskus bertemu dengan umat Katolik di Tanah Air.

Menerima undangan tersebut, Kardinal Pietro Parolin menyambut baik dan akan menyampaikan pesan tersebut kepada Paus Fransiskus. Dirinya juga berharap agar Paus bisa berkunjung dan melihat kehidupan beragama di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kardinal Pietro juga balik mengundang Menag Lukman untuk berkunjung ke Sekretariat Vatikan di Roma. “Kami sangat tertarik dengan Islam Nusantara,” kata Pietro.

Hubungan baik Indonesia dan Vatikan sudah terjalin selama lebih dari 65 tahun. Oleh sebab itu, kunjungan pertama Sekretaris Negara Vatikan ke Indonesia sangat disambut baik oleh Menag Lukman.


Sumber : Antaranews/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami