Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
4616


Banyak pendapat dari para ahli yang telah mengakui dampak positif dari merawat hewan peliharaan. Pengaruhnya tidak hanya mencakup kesehatan fisik, namun juga dari sisi psikologis seseorang. Manfaatnya juga tidak hanya dirasakan orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Saat anak diperbolehkan merawat hewan peliharaan, maka banyak manfaat yang bisa dirasakan. Si kecil bisa belajar tentang banyak hal, seperti empati, bertanggung jawab, hingga lebih aktif.

Manfaat positif ini juga dibenarkan oleh Alan Beck, anggota Center for the Human-Animal Bond di Universitas Purdue, di Amerika Serikat. Menurutnya, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan bisa belajar mengenai komunikasi non verbal dan lebih mudah berempati. Berikut beberapa manfaat lain dari anak yang merawat hewan peliharaan sehingga bisa menjadi pertimbangan orang tua:

Membantu anak untuk lebih aktif
Merawat dan bermain bersama hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. bisa membantu anak untuk menjadi lebih aktif. Tentu hal ini lebih positif dibandingkan sekedar membiarkan anak menonton televisi atau bermain gadget selama ber jam-jam.

Belajar tanggung-jawab
Dengan kehadiran hewan peliharaan, anak-anak bisa belajar tentang tanggung jawab. Si kecil diberi tanggung jawab untuk merawat hewan peliharaan. Mulai dari memberi makan, membantu membersihkan kandang, hingga mengajak hewan peliharaannya bermain atau berjalan santai.

Bila dibiasakan, anak-anak tidak lagi sekedar melaksanakan tanggung-jawab. Mereka juga mengerti betapa penting kepedulian dan perhatian terhadap mahluk hidup lainnya.

Menumbuhkan perasaan empati

Hewan sama seperti manusia, mereka juga merasa lapar, sakit, sedih, bahagia, dan lainnya. Oleh sebab itu, perhatian juga diperlukan dalam merawat hewan peliharaan. Lewat ini, anak bisa belajar untuk menumbuhkan rasa empati dengan memahami perasaan hewan peliharaannya.

Belajar tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan

Orang tua sudah memberikan izin untuk memelihara hewan. Namun jangan sampai lupa untuk memberitahu dan memberi contoh kepada Si kecil mengenai pentingnya menjaga kebersihan kandang dan hewan tersebut. Sehingga Anda tetap bisa nyaman dengan kondisi kesehatan anak kelak.

Stimulus
Ahli tumbuh kembang anak FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr Soedjatmiko Sp A(K) MSi, mengungkapkan bahwa anak yang diperkenalkan dengan hewan bisa membantu memberikan stimulus dalam berperilaku.

Mungkin orang tua sempat ragu dengan permintaan Si kecil untuk diperbolehkan memiliki hewan peliharaan. Kerepotan merawat, memberikan makan, membersihkan hewan, serta bulu yang bertebaran berpotensi menimbulkan penyakit, menjadi pertimbangan Anda. Namun, dengan lima manfaat di atas, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mengizinkan anak merawat hewan peliharaan. Pastikan juga untuk mengawasi Si kecil saat bermain atau berinteraksi dengan hewan peliharaan!

(Photo: Tonyhakim.com)

Sumber : Futuready/Jawaban.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ogem Ogem 30 March 2020 - 12:52:32

teknik pergerakan kamera seperti ini di kenal deng.. more..

0 Answer

Syarif Hidayatulloh 30 March 2020 - 10:16:05

apa yg dimaksud dengan sosial distancing

0 Answer

Dhifa Qonita07 29 March 2020 - 12:57:33

Suku bangsa amerika berdasarkan fisiknya

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7270

Banner Mitra Maret Week 3