4 Tips Alami Awetkan Ketupat Agar Tahan Lama
Sumber: Google.com

Entertainment / 16 July 2015

Kalangan Sendiri

4 Tips Alami Awetkan Ketupat Agar Tahan Lama

Lori Official Writer
30559
<!-- endif]-->

Ketupat menjadi salah satu makanan khas lebaran yang dinanti-nanti umat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Karena terbuat dari bahan beras dan santan, ketupat akan sangat mudah basi. Sehingga dibutuhkan trik untuk bisa mengawetkan ketupat agar tahan lama.  

1.Celupkan ke dalam air dingin

Biasanya ketupat akan bertahan hanya sekitar 2-3 hari saja. Untuk itu diperlukan trik yang tepat agar ketupat bisa bertahan lebih lama. Salah satunya adalah mencelupkan ketupat yang sudah matang dan dingin ke dalam air dingin beberapa menit sebelum digantung. Cara ini bertujuan untuk menghentikan proses pemanasan pada ketupat sehingga ketupat bisa dingin sempurna.

2. Gantungkan ketupat

Supaya awet, ketupat harus disimpan dengancara digantung agar kondisinya kering. Karena ketupat yang berair dan lembab akan memicu tumbuhnya bakteri penyebab basi. Nah, setelah memasukkan ketupat ke dalam air dingin, Anda bisa menggantungkan ketupat agar kering. Cara ini bisa membuat ketupat tahan hingga 4 hari loh!

3. Masukkan ke dalam lemari pendingin

Untuk memperpanjang masa simpan ketupat, Anda juga bisa memilih memasukkan ketupat ke dalam lemari pendingin atau kulkas. Caranya, bungkus ketupat dengan plastik yang dijamin tidak bocor. Hal ini berfungsi agar tidak ada kebocoran yang membuat isi ketupat menjadi basah, lalu masukkan ke dalam kulkas. Cara ini bisa membuat ketupat bertahan sampai 4-7 hari ke depan. Anda bisa sewaktu-waktu menyantapnya dengan terlebih dahulu mengeluarkan ketupat lalu dibiarkan hingga bersuhu ruangan. Kemudian kukus ketupat selama 30 menit sebelum disajikan.

4. Buat ketupat dua hari sebelum disantap

Buatlah ketupat dua hari sebelum disantap untuk mempertahankan kegurihan ketupat dan mencegah masa basi setelah bertahan 3 hari atau lebih.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Daily Devotional
  3. Nabi Palsu
  4. Khotbah Tentang Bersyukur
  5. Punya Tujuan Hidup Umur Lebih Panjang

Related Articles

Ikuti Kami