Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
12877


Banyak pasangan suami istri (pasutri) yang belum dikarunia anak akhirnya memutuskan untuk mengangkat anak. Ada pula pasutri yang sudah punya anak masih saja mengangkat anak karena ingin menolong orang lain. Namun, tak sedikit dari orang tua angkat ini sukses mendidik anak yang mereka angkat tersebut, malah adapula yang semakin membuat sang anak merasa tertekan karena tidak mendapat kasih sayang layaknya orang tua terhadap anak.

Banyak orang tua angkat yang tidak menyadari apa yang diinginkan anak angkat dari mereka setelah resmi menjadi anggota keluarga. Sebelum Anda mengangkat anak perhatikan beberapa hal yang menjadi harapan dari seorang anak angkat dari orang tua barunya.

Mendapat kasih sayang yang sama

Sebagai orang tua, berilah kasih sayang  yang sama antara anak kandung dan anak angkat. Karena mereka juga akan merasa sensitif ketika perhatian Anda jauh melebihi kepada anak kandung Anda. Peka dan sadarlah untuk tidak mau melukai perasaan mereka.

Mengetahui orang tua kandungnya    

Anda adalah orang tua angkat yang sebelumnya belum memiliki anak, dan berharap agar anak yang Anda angkat tersebut tidak mengetahui orang tua kandungnya. Itu adalah pilihan yang salah! Mereka juga adalah anak yang membutuhkan orang tua yang jujur dan terbuka. Jangan biarkan mereka bertanya-tanya ketika mereka sudah mulai mencurigai sesuatu yang aneh tentang asal usulnya. Anak berusia sekitar 9-10 tahun mungkin sudah peka dengan hal itu. Jika memang mereka bertanya, ceritakanlah dengan jujur atau bahkan ajak mereka untuk mengunjungi orang tua kandungnya (jika masih hidup dan berada di suatu tempat). Ingatlah, meskipun anak Anda tahu tentang orang tua kandungnya, jangan pernah mengubah kadar kasih sayang Anda kepadanya.

Jangan perlakukan mereka secara kasar

Tak ada orang tua yang tak pernah marah kepada anaknya, termasuk kepada anak angkat. Ketika anak melakukan tindakan yang tidak baik, perlakukanlah ia sebagaimana anak sendiri. Marahlah dengan alasan cinta dan jangan sekali-kali memperlakukannya dengan kekerasan. Karena Anda hanya akan dicap sebagai orang tua yang jahat. Jangan pula mengungkit asal-usulnya dan menyesali keputusan Anda telah mengadopsinya. Seringnya orang tua yang bermain kasar kepada anak angkat hanya akan melukai hati anak dan membuatnya trauma. Sebaliknya, anak butuh sentuhan kasih sayang bukan pernyataan yang menambah sakit hatinya.

Perlakukan dengan normal

Setiap orang tua perlu menerapkan cara mendidik yang tepat kepada anak. Terlalu memanjakan anak juga akan memperburuk perilaku anak. Apalagi mereka adalah anak angkat yang sudah Anda adopsi sejak bayi. Nah,  didiklah anak dengan cara didikan yang tepat dan ajar mereka untuk mandiri sejak usia dini. Jangan terlalu memanjakan ataupun terlalu otoriter, sebab kedua tindakan ini punya dampak buruk masing-masing.

Menjamin masa depannya

Sebagaimana anak adalah titipan dari yang Maha Pemberi, maka jangan pernah membatasi masa depan anak angkat Anda. Ada banyak kasus yang saya temui bahwa orang tua angkat justru membatasi pendidikan yang bisa diraih oleh anak angkat. Sementara mereka juga memiliki mimpi dan cita-cita yang sama dengan anak –anak lainnya. Jangan pernah berpikir bahwa anak angkat tak layak mendapatkan pendidikan yang baik atau kehidupan yang lebih baik, sebaliknya sudah menajdi tanggung jawab Anda untuk membesarkannya dengan harapan agar kelak ia menjadi anak yang berhasil dan mampu berbuat hal serupa seperti apa yang Anda sudah lakukan terhadapnya.

Anda dipilih Tuhan untuk menjadi orang tua bagi setiap anak, tak peduli apakah itu anak biologis atau anak angkat. Mereka layak diperlakukan seperti anak pada umumnya. Ingatlah bahwa ketika Anda memperlakukan anak angkat dengan penuh kasih, demikian pula mereka akan membalaskan perlakuan itu kepada Anda.

Sumber : Huffingtonpost.com/Kompasiana.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3