Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
22696


Markus 16:17

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

Tidak sedikit orang Kristen yang mengalami keraguan ketika bicara tentang bahasa roh. Tidak seorangpun memungkiri kuasa Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya, hal ini tertulis dan juga dimanifestasikan dalam kehidupan orang percaya melalui karunia-karunia Roh sebagai sebuah tanda baik bagi mereka yang belum percaya dan juga bagi umat Tuhan.

Namun sebaliknya, Iblis juga berusaha dengan berbagai cara agar orang percaya tidak hidup dalam kebenaran Firman Tuhan itu dan mengaktifkan karunia-karunia Roh yang Tuhan percayakan kepada umat-Nya. Karena si jahat tahu pasti bahwa saat orang percaya menghidupi kebenaran dan mulai melangkah masuk dengan iman dalam kuasa Roh, maka semua tipu dayanya hancur.

Salah satu kebenaran yang ingin dicuri oleh si jahat adalah tentang kuasa Roh Kudus dan berbahasa Roh. Setan adalah raja penipu, dia membuat segala macam tiruan dari semua yang Allah ciptakan termasuk bahasa Roh. Jadi tidak aneh jika ada agama-agama palsu, sekte dan juga praktek paranormal yang menggunakan bahasa-bahasa aneh atau mantra, hal ini adalah tiruan bahasa Roh, semua itu ditujukan untuk membuat orang percaya ragu ketika diperhadapkan dengan tanda Ilahi berupa "bahasa Roh".

Apa itu bahasa Roh atau bahasa lidah?

Bahasa Roh atau bahasa lidah adalah bahasa manusia dan malaikat (1 Korintus 13:1). Selain itu bahasa roh juga merupakan bahasa doa, dimana roh kita (manusia) berbicara dengan Tuhan (1 Korintus 14:2), sebuah bahasa rahasia antara kita dengan Allah.

Bahasa roh adalah sebuah tanda supranatural bagi orang yang percaya kepada Yesus Kristus (Markus 16:17) bahwa ia dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus. Percayalah bahwa Tuhan tidak mungkin memberikan sesuatu yang buruk kepada anak-anak-Nya (Matius 7:14), jadi Dia tidak mungkin mengijinkan Setan mengintervensi ketika Anda meminta kepada Tuhan agar Anda dipenuhi oleh Roh Kudus dan menerima tanda berupa bahasa roh.

Siapa yang harus berbahasa roh?

Dalam Kisah Para Rasul diceritakan bahwa 120 murid dipenuhi oleh Roh Kudus di hari Pentakosta dan berbahasa roh. Yesus sendiri menyatakan bahwa bahasa-bahasa baru akan menjadi tanda bagi orang percaya dan Rasul Paulus menuliskan bahwa ia suka "supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh" (1 Korintus 14:5), walau ia inin agar mereka juga bisa bernubuat agar membangun jemaat. Namun ayat-ayat di atas menjelaskan bahwa bahasa roh adalah untuk semua orang percaya.

Apa yang terjadi saat orang percaya berbahasa Roh?

Alkitab mencatat ada lima hal yang terjadi saat orang percaya berdoa dalam bahasa Roh :

1. Berbicara langsung dengan Tuhan

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia. ~ 1 Korintus 14:2

2. Menyampaikan kesaksian tentang perbuatan-perbuatan Allah yang besar

Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." ~ Kisah Para Rasul 2:8-11

3. Memuliakan Allah (Kisah Para Rasul 10:46)

4. Membangun dirinya sendiri (1 Korintus 14:4)

5. Membantu kita untuk berdoa dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan (Roma 8:26-27).

Bahasa Roh rekaan manusia?

Ada banyak tuduhan tentang praktek berdoa dengan bahasa roh atau bahasa lidah, salah satunya adalah mereka yang berbahasa roh mengalami gangguan mental. Namun sebuah riset yang dilakukan di Inggris kepada 1000 orang Kristen, mereka yang mempraktekan doa dengan bahasa roh kondisi emosinya lebih stabil dari pada mereka yang tidak melakukannya. Hasil riset yang diberitakan di laman Nytimes.com ini juga mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian dari Dr James A. Coan seorang psikolog dari Universitas Virginia, otak yang bekerja saat seseorang berdoa dalam bahasa Roh adalah bagian otak sadar dan juga otak mengendalikan tubuh dan emosi, jadi orang itu dalam kondisi sadar penuh dan menguasai seluruh panca inderanya, bukan dalam kondisi tak sadar atau kerasukan. Walau demikian otak yang mengendalikan bahasa dan otak untuk berpikir dalam kondisi diam, sehingga tidak diketahui secara pasti bagian otak mana yang membuah bahasa itu keluar dari mulut orang itu.  Jadi jelas bahwa saat seseorang berbahasa roh bukanlah sesuatu yang direka-reka manusia.

"Yang luar biasa adalah bagaimana gambar menjadi pendukung bagi orang itu untuk mengartikan apa yang terjadi.. Mereka menggabarkan hal itu dan apa yang mereka percaya, bahwa Tuhan berbicara melalui mereka," demikian jelas Dr. Andrew B. Newberg yang juga melakukan penelitian tentang hal yang sama di Universitas Pennsylvania.

Jika hingga saat ini Anda masih mengalami keraguan tentang tanda orang percaya berupa bahasa Roh ini, maka hari ini adalah hari yang tepat Anda untuk berdoa dan mencari Tuhan. Seperti yang Yesus nyatakan : "Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Lukas 11:13). Berdoalah, mintalah dan terimalah dengan iman, ijinkan Roh Kudus menguasai seluruh hidup Anda. Percayalah bahwa Tuhan tidak mungkin memberikan sesuatu yang buruk kepada Anda.

Sumber : charismanews.com | Nytimes.com | Jawaban.com | Puji Astuti

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4