10 Keinginan Utama Anak Pada Orangtua (1)

Parenting / 16 June 2015

Kalangan Sendiri

10 Keinginan Utama Anak Pada Orangtua (1)

daniel.tanamal Official Writer
6308
<!--[endif]-->

Halo Parents yang bijak dan menyenangkan, masa pertumbuhan anak adalah masa yang sangat menyenangkan untuk dijalani bersama, meskipun tidak mudah melakukannya. Sebagai orangtua, anda perlu belajar bijak dan menanamkan kebijaksanaan itu pada anak, dalam segala faktor, disetiap waktu. Sepertinya melelahkan yaa..? pasti, tapi ketahuilah, kelelahan anda akan menjadi berkat dikemudian hari karena anak yang anda tanamkan kebijaksanaan akan menjadi pribadi yang sangat menyenangkan, positif dan menjadi berkat bagi sesama.

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 100.000 anak-anak di ibukota terdapat 10 hal utama yang mereka inginkan dari anda sebagai orangtua untuk menanamkan kebijaksanaan itu. Berikut adalah 10 hal yang anak butuhkan dari anda, para orangtua yang bijak!


1.
Damai

Setiap anak selalu menginginkan kedamaian. Mereka tidak menginginkan orangtua bertengkar di depan mereka. Anak-anak cenderung melakukan apa yang orangtuanya lakukan, tidak saja hanya pada apa yang mereka katakan. Orangtua pun wajib dewasa dalam mengelola emosi dan cara mengatasi konflik. Orangtua perlu waspada dan hati-hati karena kemungkinan besar cara-cara dalam menyelesaikan konflik akan ditiru oleh anak jika pada suatu keadaan mereka berkonflik dengan teman mereka.


2.
Adil

Anak-anak ingin orangtua memperlakukan setiap anggota keluarga sama dan adil. Memperlakukan keadilan bukan berarti memperlakukan mereka sama rata. Setiap anak memiliki keunikan dan masing-masing membutuhkan kasih sayang dan pengertian yang sama. Evaluasi hubungan orangtua dengan setiap anak.

3.
Jujur

Orang tua yang jujur. Pernahkah Anda mengatakan sesuatu yang tidak jujur pada anak-anak? Orangtua mungkin tidak menyadari apa yang ia tengah contohkan pada anak-anaknya.

4.
Toleran

Orangtua yang toleran pada orang lain. Ketika orangtua toleran pada orang lain, anak-anak akan belajar sabar dengan siapa aja teman yang berbeda dengan mereka. Lalu bagaimana anda memberi contoh toleransi pada anak?

5.
Ramah

Anak menginginkan orangtua yang ramah pada teman-teman mereka ketika berkunjung ke rumah. Hal ini sangat membantu anda jika anak anda sudah masuk dalam level mengelompok, komunitas. Anda akan tahu mereka ada dimana. Namun, anad perlu memberi pengertian mengenai pergaulan dan memilih teman.



Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami