11 Penawar Rasa Sakit yang Berasal dari Makanan
Sumber: Google

Health / 12 June 2015

Kalangan Sendiri

11 Penawar Rasa Sakit yang Berasal dari Makanan

Theresia Karo Karo Official Writer
4656
Tanpa mengonsumsi obat-obatan, beberapa penyakit justru dapat diatasi dengan mengatur pola makan yang baik. Menurut Eleanor Blaurock-Bush dan Maureen Salaman, penulis buku Foods That Heal, vitamin dan mineral yang ada dalam makanan sehat berperan penting dalam memulihkan keseimbangan sistem kimia tubuh.

Berikut 11 contoh bahan alami, yang berperan sebagai penawar rasa sakit:

1. Bit dan wortel
Bagi Anda yang sering mengalami nyeri di kepala dan pundak karena rendahnya hemoglobin, sebaiknya jus kedua bahan alami ini sebagai penawar rasa sakit. Bila dikonsumsi secara rutin, jus bit dan wortel juga bermanfaat dalam membersihkan organ pencernaan dan merangsang produksi gas buang.

2. Brokoli
Sering nyeri jelang menstruasi? Sayuran hijau tua ini berperan penting untuk mengurangi nyeri menstruasi. Kalsium dan Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga menjadi obat alami untuk menyembuhkan rasa sakit lainnya.

3. Ceri
Selain enak, buah mini yang diolah menjadi jus ini bermanfaat sebagai penawar rasa nyeri bagi penderita sakit ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Gandum
Roti gandum dengan taburan kismis, sangat baik dikonsumsi penderita stroke akibat tekanan darah tinggi dan koresterol. Selain itu, gandum juga ampuh untuk menghaluskan kulit dan mengurangi bercak akibat sengatan sinar matahari.

5. Garlic
Bawang putih ternyata ampuh untuk melegakan tenggorokan dan meredakan peradangan.

6. Ikan salmon dan tuna
Kalsium yang padat dalam kedua ikan ini juga sangat berguna bagi penderita gangguan rematik. Tidak hanya itu, Omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon dan tuna juga bermanfaat untuk menanggulangi kolesterol darah. Sedangkan bagi wanita, jenis ikan ini merupakan penawar nyeri bagi penderita endometriosis.

7. Kenari
Bagi penderita rematik dan kerap merasa sakit pada persendian, perbanyaknya konsumsi tanaman ini. Sebab tembaga yang ter
kandung didalamnya bisa menjadi penawar rasa sakit. Khusus bagi pria, kenari bisa mencegah gangguan prostat.

8. Lada
Untuk meredakan nyeri akibat sinusitis dan mengencerkan tenggorokan, Anda dapat menggunakan lada secukupnya. Hal ini dikarenakan, rasa pedas dapat menurunkan aktivitas otak saat menerima sinyal rasa dan sistem saraf pusat. Taburkan sedikit lada pada mie atau sup Anda.

9 . Lemon
Buah yang berwarna kuning cerah ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita sakit lambung karena kurangnya basa dalam tubuh. Oleh sebab itu, lemon yang memiliki sifat basa tidak asam dapat memberikan kenyamanan bagi para penderita sakit lambung.
  
Campurkan perasan lemon secukupnya dalam segelas air hangat. Lebih baik bila diminum di pagi hari dan sebelum makan. Sehingga bisa memberikan kesegaran. Selain itu, lemon juga berkhasiat untuk menetralisir lemak. Baik diminum usai mengonsumsi banyak makanan yang berlemak.

10. Pisang
Buah kuning ini kaya akan potasium dan vitamin B6. Pisang dapat mengurangi rasa sakit pada persendian dan nyeri otot. Pisang juga bermanfaat bagi penderita darah tinggi yang sering minum obat-obatan.

11. Yoghurt
Dengan cara dioleskan, yoghurt dapat memperbaiki kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan gizi yang baik dengan kadar lemak rendah juga baik bagi tubuh.

Sumber : Keluarga/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami