10 Rumah Sakit Dengan Pelayanan Terbaik di Dunia
Sumber: Mutupelayanankesehatan.net

Health / 9 June 2015

Kalangan Sendiri

10 Rumah Sakit Dengan Pelayanan Terbaik di Dunia

Lori Official Writer
16059
Indonesia adalah salah satu negara dimana fasilitas pelayanan kesehatannya masih dalam tahap pembenahan dalam menawarkan pelayanan kesehatan yang memuaskan masyarakat. Terdapat beberapa jenis penyakit yang masih belum bisa ditangani secara baik, sehingga masyarakat memilih untuk merujuk pasien ke rumah sakit di luar negeri karena dianggap jauh lebih lengkap dan canggih.

Berdasarkan catatan Medical Travel Quality Alliance (MTQUA), ditemukan 7 dari 10 rumah sakit terbaik dunia ada di Asia. Rumah sakit ini pun banyak melayani pasien dari Negara lain, atau yang disebut dengan turis medis. Seperti dikutip dari National Geographic, MTQUA telah mencatat 10 rumah sakit terbaik dunia, yaitu:

1. Prince Court Medical Centre, Kuala Lumpur, Malaysia

Sebagai informasi bagi pelayanan kesehatan, rumah sakit ini menawarkan keunggulan di bidang bedah. Pelayanan diutamakan pada unit luka bakar yang canggih dan klinik bayi tabung dengan monitoring kehamilan kembar.

2. Asklepios Klinik Barmbek, Hamburg, Jerman

Asklepios Group adalah jaringan rumah sakit swasta terbesar di Eropa. Rumah sakit ini termasuk pusat dari uji coba peralatan kedokteran oleh seluruh perusahaan Jerman sebelum disalurkan ke negara-negara lain. Rumah sakit ini memiliki fasilitas dan peralatan medis yang canggih.

3. Clemencau Medical Center, Beirut, Lebanon

Rumah sakit ini adalh salahnya yang mengadopsi Enam Sasaran Keamanan Pasien Internasional untuk meningkatkan penggunaan kode dienkripsi sebagai akses data pasien secara elektonik. Clamencau diketahui memiliki ikatan dengan rumah sakit Johns Hopkins di Baltimore Amerika Serikat dan menjadi rumah sakit yang populer di Timur Tengah.

4. Fortis Hospital, Bangalore, India

Rumah sakit ini menawarakna pelayanan kesehatan di bidang bedah ortopedi (luka kronis, red), khususnya bedah penggantian panggul. Terdapat sejumlah dokter-dokter spesialis bedah yang siap melayani para turis medis yang datang.  Rumah sakit ini bekerja sama dengan jaringan agen medis di Amerika sebagai pusat kontrol bagi pasien Amerika yang sudah kembali ke negaranya.

5. Wooridul Spine Hospital, Seoul, Korea

Kehebatan dokter-dokter rumah sakit ini tak perlu diragukan. Sebab mereka mempunyai keahlian dalam menangani persoalan kesehatan tulang belakang. Wooridul Spine Hospital adalah satu-satunya rumah sakit spesialis yang menangani masalah perawatan tulang belakang.

6. Bumrungrad International, Bangkok, Thailand

Dengan mengandalkan teknologi canggih, rumah sakit ini telah mendapatkan reputasi yang baik dalam menangani masalah kesehatan. Rumah sakit ini telah berdiri selama 20 tahun untuk memberi pelayanan yang baik bagi turis medis.

7. Anadolu Medical Center, Istanbul, Turki

Lagi-lagi Eropa unggul dengan fasilitas kesehatannya, dimana Anadolu Medical center berada. Rumah sakit Istanbul ini menawarkan standar perawatan dan pelayanan tinggi bagi pasien. Rumah sakit ini memang focus melayani pasien dari negara lain sehingga dokter-dokternya diwahijkan mampu menguasai lebih dari satu Bahasa.

8. Bangkok Hospital Medical Center, Bangkok, Thailand

Rumah sakit ini menjadi rumahs akit swasta terbesar di Thailand. Sama seperti Anadolu Medical Center, rumah sakit ini telah memenuhi kriteria untuk melayani turis medis yang datang dengan persoalan penyakit yang berbeda-beda.

9. Gleneagles Hospital, Singapura

Singapura adalah salah satu tujuan perawatan bagi pasien Indonesia. Gleneagles Hospital adalah rumah sakit yang sering dijadikan sebagai standar pelayanan bagi rumah sakit swasta lain di Singapura. Rumah sakit ini pun memiliki cabang di beberapa negara untuk memperluas pelayanannya.

10. Asian Heart Institute, Mumbai, India

Berhentilah untuk menyepelekan negara India karena India lagi-lagi memiliki rumah sakit yang memiliki pelayanan terbaik dunia. Rumah sakit ini telah melakukan hampir 100 persen operasi pintas jantung (bypass) pada jantung yang masih berdetak. Selain memiliki ringakt kematian rendah dalam operasi pintas jantung, Asian Heart Institute juga telah berhasil menangani beberapa kasus penyakit yang langka dan misterius.

Dengan daftar-daftar rumah sakit di atas, kiranya ke depan Indonesia termotivasi untuk membenahi beragam fasilitas pelayanan kesehatan. Sehingga masyarakat tak lagi melirik rumah sakit luar negeri untuk mendapatkan pengobatan yang memuaskan.

Sumber : National Geographic/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami