5 Ide Usaha Sukses yang Bisa Dijalankan di Desa

5 Ide Usaha Sukses yang Bisa Dijalankan di Desa

Lori Official Writer
12258
Banyak orang berpikir bahwa tinggal di desa kecil tidak menjanjikan kehidupan yang lebih baik karena hanya mengandalkan aktivitas pertanian yang cukup melelahkan dan penghasilan yang tak seberapa. Padahal, banyak hal yang seharusnya bisa digali dan dipotensikan sebagai sumber mata pencaharian bagi Anda yang tak memiliki kemampuan dalam hal bercocok tanam.

Apa sajakah peluang bisnis yang bisa Anda geluti di desa?

1. Pom Bensin Mini

Tak ubahnya dengan di kota, aktivitas masyarakat di desa pun kini tergantung dengan tenaga transportasi. Tentu kendaraan roda dua atau empat yang digunakan akan tetap butuh bahan bakar bukan? Nah, Anda bisa saja mengambil peluang sebagai penyedia pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM). Anda dapat mendirikan pom bensin mini untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat di desa.

2. Produk Olahan

Desa adalah lahan subur penghasil kekayaan alam, seperti sayur mayur, padi, kedelai, singkong dan sebagainya. Dengan mudahnya mendapatkan bahan mentah ini, Anda bisa saja mengolahnya menjadi produk yang lebih bernilai jual. Misalnya, pengolahan keripik singkong, tempe, sale pisang dan sebagainya. Produk-produk buatan tangan demikian tentu akan jauh lebih mahal dan banyak diburu masyarakat perkotaan.

3. Usaha Jahit Pakaian

Usaha jahit pakaian adalah salah satu usaha yang tak akan ada matinya. Pasalnya, banyak masyarakat yang tentu lebih memilih menggunakan jasa penjahit untuk membuat pakaian untuk acara-acara resmi tertentu, khususnya kebaya dan jas.

4. Distributor Hasil Panen

Banyak petani yang merasa sulit untuk mendistribusikan hasil panennya. Nah, Anda yang memiliki jiwa bisnis yang tinggi bisa saja mengambil kesempatan ini sebagai usaha yang menjanjikan. Anda dapat berperan sebagai distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau agen pemasuk hasil pertanian dalam jumlah besar. Kendati terbilang cukup melelahkan, namun usaha ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

5. Toko Kelontong

Jauhnya jarak antara kota ke desa seringkali menjadi hambatan bagi masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga bila stok sewaktu-waktu habis. Nah, Anda bisa saja mengambil kesempatan untuk membuka sebuah toko kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Selain modal toko kelontong yang terbilang kecil, Anda pun bisa menjadi jawaban atas keterbatasan yang ada di desa. Anda mungkin bisa menyediakan barang-barang kebutuhan rumah tangga, seperti sembako, jajanan, dan kebutuhan dapur lainnya.

Jangan pernah membatasi potensi usaha yang bisa dikembangkan di desa. Sebaliknya, jelilah melihat potensi usaha terpendam lain yang bisa Anda kembangkan di desa. Dengan itu Anda bisa saja jadi pengusaha sukses yang tak perlu berlelah-lelah mengejar kesuksesan di kota besar yang tak lepas dari persaingan.

Sumber : Teropongbisnis.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami