Book Review: Surviving in an Angry World

Book Review: Surviving in an Angry World

Theresia Karo Karo Official Writer
2814
Kemarahan adalah suatu emosi yang mengakibatkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta perubahan tingkat adrenalin. Ekspresi ini biasanya terlihat dari raut muka, bahasa tubuh, respon psikologis, dan terkadang dinyatakan dalam tindakan agresif.

Perasaan marah diartikan sebagai kemampuan psikologis untuk tindakan korektif. Namun, bila tidak dapat dikendalikan maka akan berdampak negatif terhadap kualitas hidup pribadi dan sosial. Karena pada saat seseorang diliputi rasa marah, maka sangat mungkin untuk melakukan kesalahan yang menyebabkan kehilangan pengendalian diri dan penilaian objektif.

Menghindari kemarahan yang berpotensi merusak, Dr Charles F.Stanley melalui bukunya yang berjudul “Surviving in an Angry World: Finding Your Way to Personal Peace”, menjelaskan perbedaan antara kemarahan yang benar, dengan kemarahan dan kebencian yang berbahaya.

Berdasarkan pemahaman akan kasih dan Alkitab, dirinya menjelaskan bahwa kemarahan yang benar adalah emosi ilahi. Sedangkan kemarahan yang sesat akan mengerogoti pribadi kita, hubungan kita dengan orang lain, hingga hubungan kita dengan Allah.

Pembaca diajak untuk melihat secara jujur sumber kemarahan mereka, mengidentifikasikan tanda-tanda kemarahan. Selanjutnya, mengungkapkan konsekuensi dari kemarahan yang meliputi  spiritual, emosional, dan fisik. Membantu
menangani secara tepat mengatasi kemarahan, hingga mengambil keputusan untuk mengampuni dan menemukan kedamaian yang selama ini dicari.

Dalam “Surviving in an Angry World”, Stanley mendefenisikan kemarahan sebagai perasaan yang kuat dari ketidak-senangan, permusuhan, atau kemarahan akibat ancaman seperti penghinaan, frustasi dan ketidakadilan yang dialami diri sendiri atau terhadap seseorang yang anda anggap penting. Dr Charles F. Stanley adalah penulis buku terlaris New York Times yang telah menulis lebih dari lima puluh buku, dengan penjualan lebih dari 6,5 juta kopi. Dia juga adalah seorang Pendeta senior dari Gereja First Baptist di Atlanta, Georgia, sejak tahun 1971.
 

Judul           : “Surviving in an Angry World: Finding Your Way to Personal Peace”
Pengarang    : Dr Charles F.Stanley
Penerbit       : Howard Books
Harga           : $ 24.00

Sumber : Christianbook/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami