Folorunsho Alakija, Wanita Kulit Hitam Terkaya Dari Nigeria

Folorunsho Alakija, Wanita Kulit Hitam Terkaya Dari Nigeria

Puji Astuti Official Writer
2801

Mungkin nama Folorunsho Alakija tidak seterkenal Oprah Winfrey, namun dengan kesuksesannya di dunia bisnis, ia berhasil menggeser sang ratu media itu dari posisi wanita kulit hitam terkaya di dunia ditahun 2014.

Folorunsho adalah miliader asal Nigeria, wanita berusia 64 tahun ini berada diurutan ke 12 orang terkaya di benua Afrika. Dimasa mudanya ia sempat bersekolah di Inggris dan mengambil kursus dibidang sekretaris dan juga mode. Kembali ke Nigeria, Folorunsho memulai karir di sebuah bank sebagai sekretaris. Ia bekerja di bidang perbankan selama beberapa tahun sebelum akhirnya terjun dibidang mode dengan mendirikan perusahaan pakaian bernama Supreme Stitches.

Usaha modenya berhasil meraih sukses hanya dalam beberapa tahun, dan berganti nama menjadi Rose of Sharon  House of Fashion. Hasil karyanya menjadi konsumsi masyarakat kelas atas Nigeria, salah satunya adalah mantan ibu negara Nigeria, Maryam Babangida.

Namun sukses besarnya bukanlah dari dunia fashion, tapi pada bisnis perminyakan. Di tahun 1993, Folorunsho membuat lompatan dengan mengajukan ijin pengeboran minyak lepas pantai di sebuah blok di Nigeria. Mulus mendapatkan ijin, ia pun mendirikan Famfa oil, dan kini memegang 60% eksplorasi minyak bumi di Nigeria.

Dalam acara UN International Youth Day 2014 di Universitas Lagos, Folorunsho menyemangati para pelajar untuk mengejar impiannya. Disana dia juga membuka sebuah rahasia, "Saya sudah berusia 63 tahun dan saya belum selesai. Jadi apa yang menjadi alasan Anda? Saya tidak pernah pergi ke Universitas dan saya bangga mengatakannya karena saya tidak terlalu buruk menjalaninya."

Ya, wanita dengan kekayaan sekitar 2,6 miliar dolar ini tidak mengenyam bangku kuliah, namun bukan berarti dia menganggap remeh pendidikan tinggi. Dia mengungkapkan bahwa pendidikan tinggi itu penting dan dapat meningkatkan prospek kehidupan seseorang secara signifikan, namun kerja keras dan ketekunan lebih krusial untuk mencapai kesuksesan dibandingkan sekedar gelar.

Kini dengan kekayaannya, Folorunsho Alakija memberi kembali kepada masyarakat melalui The Rose of Sharon Foundation yang ia dirikan untuk mendukung anak-anak yatim piatu dan para janda. Ia menyadari bahwa dalam kekayaan yang Tuhan percayakan kepadanya ada yang Tuhan titipkan bagi orang yang membutuhkan. Tidak berhenti disana, Folorunsho taat dengan suara Tuhan yang ia dengar dan bersama suaminya mendirikan sebuah pelayanan bersama suaminya The Rose of Sharon Glorious Ministry International dan juga menulis beberapa buku tentang pernikahan dan renungan harian.

Sumber : Berbagai sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami