5 Wisata Anti Mainstream Long Weekend di Flores
Sumber: Detik.com

Travel / 13 May 2015

Kalangan Sendiri

5 Wisata Anti Mainstream Long Weekend di Flores

Lori Official Writer
8242
Horeee, Long Weekend telah tiba! Waktunya merencanakan liburan keren ke tempat yang Anda impikan. Tak perlu berwisata ke luar negeri karena destinasi di Indonesia nggak kalah keren   kog! Contohnya beberapa destinasi wisata yang ada di Flores, menyuguhkan panorama indah yang tak biasa.

1. Sawah Laba-laba Desa Cancar

Sawah yang berbentuk jaring laba-laba ini terletak di Desa Cancar, Manggarai, Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Anda akan terkagum dengan sawah berbentuk jari-jari melingkar dengan formasi menyerupai jaring laba-laba. Ini adalah salah satu pemandangan yang tak baisa yang hanya bisa Anda temui di Flores. Selain itu, Anda juga akan disuguhi indahnya persawahan berbentuk terasering bertingkat-tingkat seperti di Tegallang, Bali.

2. Desa Wae Rebo

Setelah berkunjung dari Desa Cancar, Anda bisa langsung menuju Wae Rebo di Kecamatan Satarmese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Barat. Wae Rebo biasanya disebut sebagai Negeri di Atas Awan. Desa ini sudah dikembangkan sebagai desa wisata. Ada satu rumah di antara Mbaru Niang (rumah adat Wae Rebo berbentuk kerucut) yang disediakan sebagai penginapan untuk para wisatawan. Kapasitasnya bisa sampai 70 orang. Ikon wisata ini adalah rumah adat Wae Rebo sebanyak tujuh buah yang bisa di pandang dari kejauhan.

3. Air Terjun Cunca Neweng

Di sekitaran desa Wae Rebo, pengunjung juga bisa menikmati keindahan dan kesejukan air terjun Cunca Neweng. Untuk menuju ke air terjun ini dibutuhkan waktu selama 30 menit. Jalanannya memang sedikit naik turun, namun Anda akan merasa seperti bertualang di alam terbuka yang tak biasa.    

4. Kampung Adat Luba Tua


Di sisi lain Flores terdapat destinasi wisata berupa kampung adat yang dinamakan Luba Tua. Kampung ini tak jauh dari Bajawa, kota yang populer sebagai produsen kopi utama Flores. Hanya berjarak sekitar 20 kilometer dan berada tepat di kaki Bukit Inerie.

Kampung ini menjadi destinasi yang sangat populer di mata wisatawan karena merupakan kampung adat yang masih melestarikan jejak budaya megalitikum. Terdapat 17 rumah berbentuk segi empat mengililingi tanah lapang berundak. Rumah-rumah panggung beratap rumbia dengan mahkota yang berbeda-beda ini sangat menarik untuk ditelusuri. Terdapat pula makan di tengah-tengah kampung.

5. Pantai Batu Hijau Panggajawa


Tak sekedar pantai biasa, tetapi pantai ini indah dengan keunikannya. Terdapat hamparan batu hijau di sana karena pantai ini dijadikan sebagai lokasi penambangan batu hijau oleh masyarakat. Pantai ini terletak di Desa Penggajawa, Kecamatan Nanga Panda, Kabupaten Ende, Flores. Dari kota Ende dibutuhkan jarak tempuh sekitar 20 km dengan menggunakan kendaraan roda empat/dua atau angkutan umu dari Terminal Ndao.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami