Studi: Kemacetan Lalu Lintas Picu Konflik dalam Pernikahan
Sumber: Tribunnews.com

Marriage / 8 May 2015

Kalangan Sendiri

Studi: Kemacetan Lalu Lintas Picu Konflik dalam Pernikahan

Theresia Karo Karo Official Writer
6676
Kemacetan lalu lintas pengaruhi ‘suhu’ rumah tangga, benarkah?  Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, seseorang yang menghabiskan waktu lebih dari 45 menit untuk mencapai kantor, cenderung lebih mudah bercerai daripada mereka yang menghabiskan waktu lebih sedikit.

Studi yang dilakukan di Umea University di Sweden ini berlangsung selama 10 tahun. Penelitian ini fokus pada warga Swedia yang telah menikah dan tinggal berdua bersama pasangannya. 

Erica Sandow selaku pemimpin penelitian ini mengungkapkan bahwa 11 persen dari 2.000 responden mengaku sering berhadapan jalanan macet saat berangkat kerja. Inilah yang menjadi pemicu stres dan kemudian mempengaruhi komunikasi dengan pasangan. Sementara itu, studi ini juga menemukan bahwa hanya 10 persen pasangan yang bercera walaupun tidak menghadapi kemacetan setiap harinya.

Meskipun begitu, studi juga mengungkapkan bahwa hasil riset ini tidak selalu valid. Karena pada kenyataannya, banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab konflik dalam kehidupan berumah tangga. Hal ini berarti, macetnya jalanan tidak selalu berujung pada perpisahan pernikahan. Sandow mengungkapkan bahwa kemacetan cenderung mempengaruhi kualitas komunikasi pasangan suami istri yang disebabkan stres dan kecemasan yang berlebihan.
 

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami