Tiga Animator Indonesia Ini Ikut Garap Film Hollywood
Sumber: Getscoop.com

Entertainment / 29 April 2015

Kalangan Sendiri

Tiga Animator Indonesia Ini Ikut Garap Film Hollywood

Lori Official Writer
5152
Indonesia patut bangga, tak hanya memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Namun juga mampu melahirkan generasi yang mampu bersaing dan diakui dikancah dunia Internasional dalam bidang teknologi.

Hal itu dibuktikan dengan kiprah sejumlah anak muda Indonesia di dunia perfilman. Kita tentunya tahu seputar film box office Hollywood, seperti   Avengers : Age of Ultron, Transformer, Iron Man dan lainnya. Dibalik pengarapan film-film ini, terdapat campur tangan para kreatif Indonesia di dalamnya. Sebut saja, Rini Sugianto, Ronny Gani dan Andre Surya Wijono. Mereka adalah animator terbaik Indonesia yang turut dipercaya menggarap sejumlah film Hollywood.

Berikut kiprah yang mereka torehkan di dunia perfilman dunia.

Andre Surya Wiyono

Andrea Surya adalah anak muda Indonesia yang ikut bertanggung jawab atas kecanggihan special effects film-film Hollywood seperti Iron Man, Transformers, Terminator Salvation dan Star Trek. Selain itu, Andre juga terlibat dalam penggarapan film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Surrogates, dan Transformers: Revenge of the Fallen.

Dalam perjalanan profesional ini, pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1984 dipercayakan ambil bagian sebagai Digital Artist di divisi Industrial Light & Magic (ILM) Lucas Film Singapore. Lucas Film sendiri adalah salah satu production company tersukses di dunia, yang didirikan tahun 1971 oleh George Lucas, sutradara Star Wars. Jangan heran, bila modeling, layout, lighting dan compositing yang kita lihat dalam film-film Hollywood di atas adalah hasil kerja Andre Surya.

Rini Sugianto

Setelah sukses menggarap film perdananya The Adventure of Tintin: the Secret of Unicorn, animator Rini Sugianto menancapkan kiprahnya di dalam penggarapan film-film besar Hollywood, sebut saja Lord of The Ring, Hobbit, The Avengers dan Avengers : Age of The Ultron, Hunger Games: Catching Fire, Iron Man 3, Teenage Mutant Ninja Turtles.

Setelah bekerja selama 3.5 tahun bersama perusahaan milik Peter Jackson, WETA Digital, di Selandia Baru, termasuk setelah menggarap animasi film Hobbit : the Desolation of Smaug di akhir tahun 2013, Rini memutuskan untuk keluar. Lalu hijrah ke Los Angeles, Amerika dan mulai bekerja di perusahaan Industrial Light & Magic, Licas Film di San Francisco.

Wanita lulusan S2 jurusan animasi dari Academy of Art di San Fransisco ini pun mendapat tawaran kembali dalam penggarapan film Avengers 1 dan 2.

Ronny Gani

Lulusan Universitas Indonesia (UI) Teknik Arsitektur, Ronny Gani adalah seorang animator yang bekerja di Industrial Light and Magic Singapore, Lucas Film. Ronny mulai terlibat penggarapan film sejak tahun 2012 silam, saat mulai bekerja di salah satu perusahaan media digital terbesar dunia ini.

“Kebetulan sekali waktu saya pertama kali mulai bekerja di Industrial Light & Magic, proyek yang sedang dikerjakan adalah The Avengers. Jadi otomatis saya ikut terlibat dalam proyek itu. Secara garis besar grup Industrial Light & Magic itu mengerjakan bagian akhir film di bagian aliennya sudah mulai menginvasi,” tutur Ronny.

Selama menggeluti penggarapan animasi film, hasil karya Ronny sudah dipertunjukkan di film-film Hollywood seperti Star Wars: The Clone Wars, The Avengers, Pacific Rim, Noah dan Transformers.    

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami