3 Investasi di Bidang Teknologi Yang Menjanjikan Keuntungan

3 Investasi di Bidang Teknologi Yang Menjanjikan Keuntungan

Puji Astuti Official Writer
7377

Dalam beberapa dekade terakhir, inovasi dalam bidang teknologi terjadi sangat cepat. Namun beberapa ahli masih mempertanyakan apakah inovasi yang terjadi di awal abad 21 ini akan terus berkembang atau akan mencapai titik jenuh jika dibandingkan dengan apa yang terjadi di abad 19 dan 20.

Namun hingga saat ini, bisnis teknologi terlihat sangat menjanjikan, terutama dalam bidang komunikasi dan internet. Menurut data dari Sisco System, diperkirakan di akhir dekade ini ada sekitar 50 milyar perangkat yang terhubung dengan internet. Jika ingin melakukan investasi dalam bidang tehnologi internet, maka rekomendari dari Brett Relander, kontributor di Investopedia.com ini bisa menjadi masukan Anda :

1# Tehnologi wearable

Dalam beberapa tahun kedepan, tehnologi wearable sejenis smartwach dari Apple atau kacamata pintar yang dirilis Google akan banyak bermunculan. Tehnologi dengan sentuhan fashion akan membuat gadget menjadi lebih menarik, untuk itu hal ini menjanjikan sebuah potensi bisnis yang besar.

Dipastikan yang bermain dalam industri ini tidak hanya raksasa tehnologi saja seperti Google, Apple atau Samsung. Akan banyak bermunculan startup yang akan membuat berbagai terobosan tehnologi sehingga membuat investor memiliki pilihan yang luas untuk berinvestasi. Salah satu fakta bahwa bisnis ini menjadi incaran adalah rencana IBM untuk menginvestasikan 3 milyar dolar dilini bisnis ini dalam 4 tahun ke depan.

2# Teknologi Cloud

Konsep penggunaan teknologi cloud computing saat sudah semakin dikenal, bisnis dibidang sedang berkembang dan dalam beberapa tahun ke depan akan bisa menjadi bisnis penting dalam teknologi karena perangkat keras akan menggunakan cloud sebagai penyimpanan data utamanya.

Dengan adanya teknologi cloud membuat perusahaan pembuat perangkat tehnologi menghadirkan perangkat yang lebih ringan, kecil dan tipis. Pada akhirnya, semua orang akan bergantung kepada internet dan cloud untuk menyimpan dan mengakses data. Melihat peluang ini, banyak perusahaan sudah mulai berinvestasi dalam bidang cloud computing. Berdasarkan riset Oxford Economics diperkirakan 69 bisnis telah melakukan investasi dalam bidang ini untuk tiga tahun ke depan. Keuntungan bisnis cloud ini diperkirakan akan terus menanjak mencapai 200 milyar dolar dalam lima tahun kedepan, hal ini naik hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 60 milyar dolar.

3# Keamanan cyber

Dengan berkembangnya teknologi internet, ternyata ada ekses negatifnya, yaitu kejahatan dalam bidang ini pun marak terjadi. Untuk salah satu peluang yang menjanjikan dalam bisnis ini adalah penyedia layanan keamanan online atau cyber security. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi cloud, bukan hanya menyediakan kemudahan, karena ternyata menggunakan cloud lebih rentan mengalami serangan cyber dari pada menggunakan penyimpanan data pada perangkat keras. Untuk itu, kedepannya kebutuhan layanan keamanan online akan sangat besar.

Salah satu perusahaan yang melihat peluang ini adalah perusahaan asal Singapura, Singapore Telecommunications Ltd. yang baru-baru ini mengumumkan membeli 98 persen saham dari Trustwave Holdings Inc. senilai 810 milyar dolar. Perusahaan ini melebarkan usahanya dalam bidang keamanan online untuk mengantisipasi kebutuhan dalam beberapa tahun ke depan.

Sumber : Investopedia.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami