A.J. Forsythe, Rubah Masalah Menjadi Peluang Usaha

A.J. Forsythe, Rubah Masalah Menjadi Peluang Usaha

Puji Astuti Official Writer
5301

Kurang hati-hati atau memang teledor? A.J. Forsythe membuat iPhone-nya rusak sehingga ia harus beli baru beberapa kali. Sekali karena jatuh, kedua kali karena tidak sengaja terinjak dan seterusnya hingga lima kali beli handphone di awal kuliahnya. Mahasiswa politehnik di California ini akhirnya membuat keputusan penting dalam hidupnya, daripada beli baru, ia membeli sparepart untuk iPhonenya melalui toko online eBay dan mengutak-katik iPhonenya selama berjam-jam hingga berhasil mengganti layarnya.

Setelah berhasil melakukannya, ia bersama teman kampusnya Anthony Martin membuka servis handphone dengan harga murah bagi teman-temannya. Mengingat kalau servis ke tempat yang resmi bisa mengeluarkan ratusan dolar, Forsythe pun mendapatkan banyak klien. Usaha yang dimulai tahun 2010 ini ternyata berkembang dengan baik, sehingga mereka pun mendirikan iCracked.

Setelah lulus kuliah keduanya membangun iCracked dengan jaringan  40 orang teknisi, dan dengan hutang mencapai $40.000. Mereka pindah ke Silicon Valley dan mendapatkan investor mencapai $500.000.

"Itu adalah salah satu keputusan investasi yang mudah bagi kami," demikian ungkap David Lee, pendiri dan pengelola SV Angel, yang juga menjadi investor awal dari Airbnb, Twitter, Dropbox dan Github. "Kami bergerak dalam dunia yang penuh permintaan dimana orang-orang mengharapkan layanan yang terbaik, ketika mereka menginginkannya, dimana mereka menginginkannya dan mereka mau membayarnya.. dan hal ini adalah contoh dari hal itu."

Lima bulan kemudian, iCracked mulai menawarkan asuransi telephone, harga keanggotaan dimana pelanggan bisa mendapat harga diskon dan program pembelian kembali telephone. Dan dalam waktu hanya 4 tahun perusahaan ini berkembang ke seluruh Amerika dan 11 negara lainnya dengan karyawan mencapai 1700 orang teknisi.

Perusahaan yang fokus pada produk Apple dan pesaingnya Samsung ini masuk dalam 5000 perusahaan paling cepat berkembang, dan di tahun 2015 ini, nama iCracked masuk dalam daftar majalah Forbes 20 Most Promising Companies in Amerika .

Sumber : Berbagai sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami