4 Obat Ini Ampuh Redakan Nyeri Haid
Sumber: 2lisan.com

Gizi & Nutrisi / 24 April 2015

Kalangan Sendiri

4 Obat Ini Ampuh Redakan Nyeri Haid

Lori Official Writer
7690
Nyeri perut menjelang menstruasi atau haid menjadi langganan kaum hawa setiap bulannya. Untuk meredakan nyeri, sebagian wanita mungkin akan lebih memilih mengkonsumsi sejumlah makanan yang memiliki khasiat tertentu redakan nyeri haid. Tak sedikit pula yang memilih mengkonsumsi obat-obatan.

Dari berbagai jenis obat yang banyak dijual dipasaran, 4 jenis obat ini terbukti ampuh redakan nyeri haid:

1. Obat Analgesik

Paracetamol dan asam mefenamat adalah kelompok obat analgesik yang berfungsi untuk penahan rasa sakit dan nyeri. Dianjurkan untuk diminum dalam dosis tertentu selama sakit saja. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan bila dikonsumsi sesuai dengan dosis yang ditentukan.

2. Pil KB

Dalam sebuah penelitian terbaru, peneliti dari Gothenburg University Swedia menemukan bahwa pil KB ternyata mampu mengurangi nyeri haid. Dalam penelitian tersebut, pensebanyak 2.100 responden perempuan berusia 19-24 tahun yang mengkonsumsi pil KB di hari pertama mengaku merasakan nyeri haid berkurang.

Hal ini bisa terjadi karena pil KB dapat menekan rasa nyeri saat haid karena kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh tidak turun. Sebab rasa nyeri saat haid akan muncul ketika tubuh melepaskan hormon prostaglandin, yang bekerja merangsang kontraksi otot yang diperlukan untuk meluruhkan lapisan dinding rahim.

3. Secangkir teh dan kopi

 Minuman berkafein memang dianggap kurang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Akan tetapi, memiliki keuntungan di sisi lainnya yaitu mampu meredakan nyeri haid. Meminum secangkir teh dan kopi saat nyeri haid teruji bisa mengurangi rasa sakit di bagian perut.

4. Suplemen vitamin

Studi menunjukkan bahwa nyeri haid bisa diredakan dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, B6 dan E. Hal ini bisa terjadi karena vitamin bisa mempertahankan keseimbangan hormon dalam tubuh.

Jika Anda yang mengalami nyeri haid yang tidak biasa, segera berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan di atas. Jangan lupa meminum air putih yang banyak. So, salam sehat ladies!

Sumber : Okezone.com/Sinarharapan.co/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami