4 Pilihan Investasi Eksotik dan Menguntungkan

Investment / 22 April 2015

Kalangan Sendiri

4 Pilihan Investasi Eksotik dan Menguntungkan

Puji Astuti Official Writer
4888

Bentuk investasi yang umum seperti saham, properti atau emas sudah banyak diketahui. Investasi tersebut membutuhkan perhatian penuh, perhitungan yang matang dan pekerjaan yang cukup melelahkan. Namun ternyata ada juga loh investasi yang bisa membuat pemiliknya merasa senang dan bangga.

Seperti bentuk investasi pada umumnya, jika Anda salah membuat pilihan, investasi yang terbilang mengasikkan, eksotik dan bisa dipamerkan ini juga bisa beresiko mengalami kerugian. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan resiko yang ada sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Berikut adalah beberapa investasi yang terbilang menyenangkan dan bisa Anda pamerkan :

1# Kuda Pacuan

Hewan satu ini merupakan instrumen investasi yang cukup menantang, namun tidak terlalu aman. Banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang kuda sebelum melakukan investasi, mulai dari pengembangbiakannya hingga melatihnya. Jadi jika Anda bukan ahli dalam hal ini, tidak bijak untuk melakukan investasi langsung. Walau begitu ada pilihan untuk bisa melakukan investasi, yaitu melalui rekanan. Dengan memcari rekanan yang tepat, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari beternak kuda secara profesional. Memang untuk investasi ini sangat sedikit di Indonesia, namun untuk di beberapa negara hal ini cukup menjanjikan.

2# Vintage Wines

Jika Anda penggemar wines, maka Anda pasti mempertimbangkan untuk mengkoleksinya. Permintaan dunia atas anggur premium dan berkualitas terus meningkat setiap tahunnya. hal ini membuat wine lebih mudah didapatkan. Namun efek buruknya, ada banyak terjadi penipuan dalam penjualan botol-botol anggur, jadi Anda pun harus jeli.

Dengan berjalannya waktu, semakin tua sebotol anggur akan semakin mahal, hal itu juga berhubungan dengan asal wine tersebut. Contohnya harga anggur Romane-Conti dari Perancis tahun 1975 harganya bisa mencapai 8,310 Euro atau sekitar 115 juta rupiah per botolnya. Anda berminat?

3# Mobil antik

Bagi pecinta otomotif, membeli mobil klasik bisa menjadi investasi yang memuaskan. Termasuk jika mereka hobi meng"oprek", membuat sebuah mobil klasik yang tidak berjalan hingga layak dipamerkan. Hal ini tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit, namun dari segi kepuasan tidak bisa dibandingkan. Selain menyalurkan hobi namun juga memiliki nilai investasi.

4# Barang seni dan antik

Jika Anda tidak hobi otomotif, namun suka seni atau mendekor ruangan, maka berburu barang seni dan antik bisa menjadi pilihan lainnya. Selain jalan-jalan ke berbagai daerah dan negara Anda juga bisa sambil mengumpulkan berbagai kerajinan seni yang menarik dan antik menjadi koleksi Anda. Nah, jika Anda tidak punya waktu luang untuk berburu, Anda bisa mendapatkannya dengan cara lain, yaitu di balai lelang, memang harganya tentu lebih mahal, namun keotentikannya sudah tervalidasi.

5# Film

Dunia intertaimen saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, sebuah film yang sukses bisa menghasilkan keuntungan jutaan dolar. Jika Anda suka dengan dunia broadcasting dan juga seni, maka menjadi investor dalam produksi sebuah film bisa menjadi pilihan. Sebuah film bisa diproduksi dengan buget yang minim, mulai dari beberapa puluh ribu dolar hingga yang kolosal dan memakan biaya jutaan dolar.

Untuk melakukan investasi dalam bidang ini Anda bisa menghubungi production house atau produser. Jika Anda ingin membeli hak distribusi, Anda bisa langsung saat dilakukan film festival seperti New York Film Festival, Toronto International Film Festival atau bahkan Cannes Film Festival.

Salah satu kelemahan investasi di atas adalah tidak mudah dijual seperti saham, emas atau jenis investasi yang umum. Namun jika Anda mengukur dari kepuasan dan rasa senang Anda saat melakukan investasinya, maka investasi di atas sebanding dengan uang yang Anda keluarkan.

Sumber : Askmen.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami