Ini Sisi Keindahan Wisata Kalibiru yang Bisa Anda Dapatkan (Part 1)

Travel / 15 April 2015

Kalangan Sendiri

Ini Sisi Keindahan Wisata Kalibiru yang Bisa Anda Dapatkan (Part 1)

Lori Official Writer
7581
Kalibiru, sebuah desa di kawasan pebukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo, yang terletak di sisi barat Yogyakarta. Pebukitan ini telah dikelola dengan baik oleh masyakarat dan dijadikan sebagai hutan wisata yang menawarkan panorama bukit Menoreh dan Waduk Sermo yang terbentang luas dari ketinggian bukit.

Wisata yang dibangun pada 2009 ini semakin naik daun setelah artis ganteng Keenan Pearce memamerkan foto di akun instagramnya saat berpose di menara pandang atau rumah pohon Kalibiru. Bagi Anda yang penasaran ingin tahu tentang sisi keindahannya akan disajikan oleh Jawaban.com seperti di bawah ini.

1. Panorama Waduk Sermo Nan Hijau

Saat berada di ketinggian Kalibiru, Anda akan disuguhkan keindahan panorama Waduk Sermo yang berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Waduk ini terlihat seperti danau yang dikelilingi hutan yang menghijau. Memandang Waduk Sermo dari puncak Kalibiru menjadi momen yang paling romantis dilengkapi dengan kesegaran dan kesejukan udara yang berhembus.

Anda yang berkeinginan menikmati Waduk Sermo dari dekat bisa menikmatinya waktu kembali dari Kalibiru. Anda bisa singgah sejenak waktu dan menikmati ketenangan Waduk dari tempat khusus pemandangan yang sudah tersedia dari atas waduk.

2. Pesona Bukit Menoreh yang Menggoda

Tak hanya Waduk Sermo, saat berada di ketinggian Kalibiru, para pengunjung bisa menikmati pesona Bukit Menoreh di ketinggian 450 meter dari permukaan laut. Dari menara pohon Anda akan menyaksikan betapa indahnya bukit-bukit barisan Menoreh nan hijau mengapit Waduk Sermo yang berada di tengah-tengahnya.

Sebelum wisata Kalibiru dibangun, Bukit Menoreh adalah hutan lindung yang dijaga oleh masyarakat dan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta dengan melakukan penghijauan pada hutan. Masyarakat juga memanfaatkannya sebagian hutan sebagai lahan untuk bercocok tanam.

3. Pemandangan Gagahnya Gunung Merapi

Bagi Anda yang suka berburu sunrise, Kalibiru adalah tempat yang tepat. Jika cuaca memungkinkan Anda tak hanya bisa menikmati matahari pagi yang tampak begitu hangat dan indah. Akan tetapi bisa memandang Gunung Merapi yang gagah melindungi kota Yogyakarta serta gugusan pegunungan seribunya di sebelah timur dan utara.  

Tentu Kalibiru tak hanya menyuguhkan tiga poin di atas saja, namun masih banyak lagi sisi keindahan yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi wisata alam yang satu ini. Sisi keindahan lainnya akan disajikan di artikel berikutnya.

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami