Pikiran Negatif Ganggu Tidur? Usir Dengan 5 Cara Ini

Pikiran Negatif Ganggu Tidur? Usir Dengan 5 Cara Ini

Lori Official Writer
6306
Tak hanya membuat kepala Anda pusing, namun pikiran negatif dan stress bisa menjadi dalang dibalik gangguan tidur yang Anda alami sebelum beranjak tidur di malam hari. Penyebabnya bisa beragam, bisa berasal dari tekanan pekerjaan sepanjang hari, pekerjaan menumpuk atau peristiwa yang kurang sedap yang baru saja Anda alami.

Saat dalam situasi itu, pikiran Anda akan diserang dan berakibat pada berkurangnya waktu tidur malam Anda. Dalam ilmu psikologi, pikiran tak mengenakkan, kecemasan dan kekhawatiran berlebihan menjadi faktor risiko terbesar dari insomnia, stress dan depresi.

Seperti dilansir dari Lifehack.org, beberapa penelitian telah memfokuskan pemecahan kasus tentang bagaimana seseorang bisa mengontrol pikiran negatif yang menyerangnya. Hasil riset menyarankan lima cara untuk menghindari pikiran negatif yang menyerang ketika jam tidur, seperti:

1. Tidur lebih awal

Sebuah studi di Binghamton University menemukan sejumlah orang yang mengalami gangguan tidur disebabkan oleh rasa khawatir, pikiran berlebihan atau stress yang menyerang. Peneliti mengatakan, mereka yang suka tidur larut malam maupun lebih singkat memiliki kadar pikiran negatif yang lebih tinggi dibanding mereka yang memilih tidur lebih awal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba tidur lebih awal untuk menyeimbangkan jam tidur. Cobalah trik ini selama 1 minggu pertama dengan disiplin. Anda juga bisa melakukan beberapa teknik relaksasi lainnya untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda.

2. Ucapkan Hal-hal positif kepada diri sendiri

Salah satu cara mengusir pikiran negatif adalah dengan latihan mengucapkan kata-kata positif kepada diri sendiri. Pada dasarnya, mengucapkan kata-kata negatif akan menjadi kebiasaan yang Anda tidak sadari. Segeralah sadar ketika Anda mendapati mulai memikirkan hal-hal negatif. Mulai dengan mengarahkan pikiran pada sesuatu yang membangun atau berdoa atau bahkan berolahraga. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa bersyukur bahkan diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Lakukan terapis atau relaksasi

Relaksasi sebelum tidur akan membantu Anda untuk mengusir pikiran negatif. Relaksasi dipandu dengan lantunan musik yang segar akan membangkitkan pikiran positif dan menenangkan hati. Anda bisa saja menggunakan aplikasi penyedia fitur kesehatan di smartphone.

4. Melatih pernapasan

Teknik pernapasan menjadi salah satu teknik mudah dan sederhana untuk mengusir stress. Mirip dengan relaksasi, melatih pernapasan akan sangat bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung dan mengusir pikiran-pikiran yang mengganggu. Lakukan teknik ini dengan empat langkah ini:

- menarik napas dalam dan melepaskannya perlahan-lahan

- menghirup dan hembuskan napas dalam waktu yang bersamaan selama 4-6 detik

- menghirup dan hembuskan napas melalui hidung; atau

- saat mengeluarkan napas, tiup napas ke arah kepala.

Dengan menerapkan teknik ini Anda pasti akan merasa lebih rileks sebelum beranjak tidur.

5. Tenangkan pikiran dengan musik

Mendengar musik adalah cara lain untuk mengusir kepenatan dan membantu agar pikiran berfokus pada pikiran yang positif. Sebuah studi baru-baru ini mengatakan bahwa terapi musik Mozart diyakini sangat baik untuk proses pemulihan beragam penyakit termasuk gangguan tidur akibat beban pikiran. Anda bisa memiliki lagu-lagu seperti instrumental, lagu santai, atau kencang. Bernyanyilah mengikuti irama lagu bila Anda menyukainya dan tenggelamlah di dalam lagu untuk menghilangkan sejenak kecamuk di pikiran Anda.
Bagi Anda yang terserang penyakit dan membutuhkan dukungan doa serta konsultasi secara personal, dapat menghubungi kami di counseling center kami: 0-800-151-3344 (bebas pulsa) atau email/live chat di kotak bertanda di bawah artikel ini. Kami siap melayani Anda 24 jam setiap hari.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami