5 Makanan Pencegah Perut Kembung Selama Puasa

5 Makanan Pencegah Perut Kembung Selama Puasa

Lori Official Writer
5694
Ada kalanya Anda memiliki jadwal rutin menjalankan puasa, baik dengan alasan kewajiban agama atau program diet. Apapun latar belakang Anda menjalankannya, tetaplah memperhatikan makanan yang pantas dikonsumsi. Kosongnya perut dalam jangka waktu yang lumayan lama tak jarang menimbulkan gangguan perut, yakni perut kembung karena asam lambung akan naik dan membuat perut terasa sangat tidak nyaman.
Jika Anda juga merasakan hal yang sama, maka Anda tidak perlu khawatir, ada cara lain untuk mengatasinya. Salah satu cara termudah untuk menghindari perut kembung selama menjalankan puasa adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut :

1. Buah stoberi

Stroberi adalah salah satu makanan yang ampuh menyingkirkan atau mengurangi gas penyebab perut kembung. Cobalah mengkonsumsi buah ini tidak lebih dari 4-6 buah sebelum berpuasa.

2. Cuka Apel

Cuka apel memang akan sangat rentan menyebabkan gilu pada gigi. Tetapi cuka apel  adalah makanan pilihan yang mampu menghindari Anda dari perut kembung, terutama ketika Anda sedang berpuasa. Cobalah untuk mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel kedalam segelas air hangat lalu minumlah sebelum menjalankan puasa.

3. Baking Soda

Tidak hanya sari cuka apel saja yang dapat dilarutkan kedalam segelas air hangat untuk menghindari perut kembung. Baking soda juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghindari perut kembung. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan segelas air hangat. Minuman ini juga bisa dipadukan dengan air lemon dan sedikit garam untuk menambah kesegaran dan aromanya.

4. Lidah Buaya

Tak hanya ampuh menurunkan berat abdan, lidah buaya ternyata bisa juga digunakan sebagai pencegah perut kembung. Pasalnya, tanaman herbal yang satu ini mampu merangsang sekresi asam klorida dan juga enzim pencernaan dalam perut. Selain itu lidah buaya juga mampu menurunkan terjadinya pembentukan gas dalam perut Anda. cobalah untuk meminum jus lidah buaya sebelum berpuasa.

5. Teh Herbal

The herbal seperti peppermint ataupun kayu manis diyakini bisa mengatasi perut kembung. Kedua teh herbal ini sama-sama memiliki zat alami serta efek antispasmodic yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan gas yang dapat menyebabkan perut kembung.
Anda tak perlu khawatir menjalankan puasa sebab dengan lima makanan ini, Anda bisa mencegah timbulnya perut kembung selama puasa.

Sumber : Sayangi.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami