Umat Kristiani Dunia Rayakan Minggu Palma

Spirituality / 30 March 2015

Kalangan Sendiri

Umat Kristiani Dunia Rayakan Minggu Palma

daniel.tanamal Official Writer
4186

Umat Kristiani sedunia merayakan Minggu Palma pada Minggu 29 Maret 2015 sebagai sebuah perayaan menyambut Paskah yang akan jatuh pada Jumat 3 April 2015 mendatang. Minggu Palma diperingati dalam bentuk tradisi gereja, renungan dan juga beberapa kebudayaan untuk memperingati peristiwa masuknya Yesus Kristus ke Yerusalem sebelum mati disalibkan.

Pimpinan umat Katolik sedunia Paus Fransiskus mengambil Minggu Palma untuk mengenang setiap umat Kristen yang menjadi martir karena penindasan dan juga iman percayanya. “Kami menginat setiap orang yang setia pada Firman Tuhan, dan karenanya menderita dan membayar harganya. Mereka menolak untuk menyangkal Yesus dan menerima penghinaan dan penderitaan,” katanya dalam sebuah Misa di Vatikan.

Sementara itu di Yerusalem, banyak peziarah berdatangan untuk mengikuti prosesi Minggu Palma yang dilakukan oleh umat setempat. Jumat agung yang bertepatan dengan Paskah Yahudi akan mengundang umat Kristiani dan Yahudi secara bersama-sama berdoa dan merayakannya di kota suci bagi umat Samawi tersebut.

Di Indonesia sendiri, salah satu tempat peziarahan untuk Paskah terdapat di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, daerah pertama dimana pintu masuk misi agama Katolik masuk ke Flores. Disana masyarakat Flores berziarah dimana Patung Bunda Maria yg sangat kuno dan disebut Tuan Ma akan dikeluarkan jelang Paskah dan akan diarak ke kota seperti yang dilakukan oleh umat di Spanyol maupun Meksiko.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami