Peneliti Temukan Teknik Menanak Nasi Rendah Kalori

Peneliti Temukan Teknik Menanak Nasi Rendah Kalori

Lori Official Writer
4816
Selama ini banyak orang Indonesia takut-takut mengkonsumsi nasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Saatnya tak lagi khawatir dengan hal itu, pasalnya baru-baru ini peneliti asal Sri Lanka menemukan cara mengurangi kalori nasi hingga 60 persen.  

Sudhair James, seorang peneliti mengatakan bahwa untuk mendapatkan nasi yang rendah kalori hanya dibutuhkan teknik menanak nasi yang tepat. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh minyak kelapa selama 40 menit.

“Kita masak beras seperti biasa, namun ketika air mulai mendidih, sebelum beras dimasukkan, tambahkan minyak kelapa sekitar tiga persen dari berat beras yang akan dimasak,” tutur James seperti disampaikan dalam risetnya di National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS).

Tak hanya sampai di situ, nasi yang sudah matang lalu didinginkan dan disimpan di kulkas selama 12 jam. “Pendinginan penting sebab amilosa, komponen pati yang larut terhadap air, membentuk granula selama gelatinisasi. Mendinginkan selama 12 jam akan memicu pembentukan ikatan hidrogen antara molekul amilosa di luar biji nasi sehingga mengubahnya menjadi pati resisten,” lanjutnya.

James menegaskan bila nasi yang sudah didinginkan tersebut dapat dipanaskan kembali dan tidak akan berpengaruh pada peningkatan resisten pati pada nasi.

Lewat penelitian baru ini, ada kemungkinan harapan penurunan obesitas bagi masyarakat Asia yang masih menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Meski studi ini masih akan terus dikembangkan oleh para peneliti.

Sumber : Liputan6.com/Kompas.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami