Mau Menjadi Kekasih yang Baik? Ini Nasihat Alkitab
Sumber: Womansday.com

Kata Alkitab / 25 March 2015

Kalangan Sendiri

Mau Menjadi Kekasih yang Baik? Ini Nasihat Alkitab

Tiurma Ida Purba Official Writer
5076

Pernikahan adalah sesuatu yang suci di hadapan Tuhan. Ketika Tuhan menciptakan Adam, lalu Tuhan berinisiatif untuk menciptakan Hawa. Mengapa? Kejadian 2:18 : Tuhan Allah berfirman: “ Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia”.

Lalu, apa rencana Tuhan sesudah menciptakan Adam dan Hawa?

Kejadian 1:28 : Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:” Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Inilah salah satu tujuan Tuhan yaitu agar manusia dapat beranak cucu dan memenuhi bumi. Namun, menyatukan 2 hal yang berbeda tidaklah mudah. Setiap pasangan membutuhkan dasar-dasar untuk mempertahankan hubungan mereka. Berikut ini ada 3 nasihat alkitab untuk menjadi kekasih yang baik :

1.  Saling Menerima satu sama lain

Efesus 4:2-3 : Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Dasar yang pertama ini haruslah Anda miliki, bila ingin menjadi kekasih yang baik. Salah satu ciri-ciri manusia adalah cenderung melihat ketidaksempurnaan. Maka dari itu ada 3 hal yang perlu Anda miliki. Rendah hati, Lemah lembut dan sabar.  Terimalah apa adanya pasangan Anda. Dengan saling menerima apa adanya dan bukan ada apanya, maka akan menghasilkan kelemahlembutan dalam bersikap dan kesabaran dalam menghadapi setiap masalah.

2. Komunikasi yang Baik

Ketika Adam dan Hawa memakan buah pengetahuan, komunikasi Adam dan hawa dengan Tuhan menjadi tidak efektif. Hal ini tentunya karena Adam dan Hawa takut berbicara dengan Tuhan karena berdosa. Maka dari itu setiap pasangan harus tetap menjaga komunikasi yang baik. Tanpa komunikasi yang baik, peluang untuk menjadi kekasih yang baik sangat kecil.

Efesus 4:25-26 : Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa; janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu”.

Kejujuran adalah bagian dari komunikasi yang baik. Kiranya Anda saling jujur, agar tidak menimbulkan dosa. Dan setiap pasangan kiranya menjaga hatinya dengan tidak marah sebelum matahari terbenam.

3. Saling Melayani Dengan Kasih

Kasih adalah hal yang terbesar. Tuhan lebih dulu mengasihi Anda, agar Anda dapat membagikan kasih itu kepada orang lain. Ketika pasangan Anda melakukan kesalahan, maka Anda tidak boleh menyimpannya, langsung bereskan hati Anda, agar tidak menjadi luka hati. Itulah Kasih.

1 Korintus 13:4-7 : Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan.

Kiranya 3 nasihat alkitab ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Tuhan memberkati.

Jika Anda memiliki masalah seputar pernikahan ataupun masalah lainnya, Anda bisa bercerita kepada kami dan mendapatkan bimbingan agar keluar dari masalah Anda. Segera hubungi kami: 0-800-151-3344 (bebas pulsa). Kami selalu menunggu telepon Anda.  

Sumber : Berbagai sumber/Jawaban.com by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami