11 Obat Alami Sembuhkan Infeksi pada Hidung
Sumber: Recipes2all.com

Gizi & Nutrisi / 20 March 2015

Kalangan Sendiri

11 Obat Alami Sembuhkan Infeksi pada Hidung

Lori Official Writer
214052
Infeksi pada hidung seringnya menyebabkan ketidaknyamanan, hal ini bisa disebabkan oleh pilek dan flu, hidung tersumbat, lemahnya sistem kekebalan tubuh, kurang vitamin serta infeksi bakteri dan virus.

Anda tak perlu bersusah hati dan mencoba beragam pengobatan kimia yang belum tentu mampu menyembuhkan radang di hidung. Nah, 11 obat alami ini bisa Anda coba di rumah, seperti dilansir dari Boldsky.com.

1. Vitamin C

Selain melindungi gusi, vitamin C juga bisa menyembuhkan luka atau peradangan. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti lemon, jeruk, strawberi, nanas dan tomat.

2. Air Garam

Bilas bagian hidung yang terkena radang dengan air garam hangat. Sifat elektrolit garam yang dimilikinya menjadikan garam sebagai obat luka yang ampuh. Dengan ion natrium yang bermuatan positif dan ion klor yang bermuatan negatifnya, air garam yang dibilas disekitar luka akan membuat luka menjadi cepat kering. Selain itu, air garam akan membunuh bakteir yang menyerang luka.

3. Pasta Jahe

Buatlah pasta jahe dan oleskan di bagian hidung yang terkena radang. Jahe dengan sifat anti-inflamasinya akan membantu menyembuhkan radang dengan cepat.

4. Petroleum Jelly

Gel buram ini terbuat dari ekstrak madu yang kaya akan anti bakteri dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dengan menggunakan petroleum jelly, radang di hidung akan lebih cepat sembuh. Oleskan tipis pada bagian yang luka, maka permukaan luka akan melunak tanpa membuatnya mongering dan terasa sakit.

5. Penuhi cairan tubuh

Air membuat kulit terasa kenyal dan lembab, sehingga saat cairan dalam tubuh terpenuhi, radang atau luka di bagian hidung tidak terasa kering dan sakit. Anda juga bisa menambahkan jahe ke dalam minuman sebagai pengobatan luka dari dalam.

<!--[endif]-->

6. Sup

Sup merupakan makanan kaya protein, vitamin dan mineral karena terdiri dari campuran daging dan sayuran yang membantu penyembuhan luka. Cobalah mengkonsumsi semangkuk sup ayam hangat yang sangat berguna untuk mengencerkan hidung tersumbat.

7. Makanan dengan kansungan lysin

Makanan yang kaya lisin seperti ikan, keju dan kacang-kacangan sangat baik bagi penyembuhan luka.

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa membersihkan saluran hidung. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan minyak aromatik ke dalam bak mandi. Mandi air hangat dianjurkan bagi mereka yang menderita sinus, serta mengalami penyumbatan hidung. Sembari mandi, gunakan air hangat dan bersihkan saluran hidung Anda secara perlahan.

9. Ekstrak Hazel

Tanaman ini diketahui berkhasiat membunuh bakteri dalam hidung. Terapkan ekstrak hazel ke bagian hidung yang mengalami peradangan dengan kapas bersih.

10. Minyak atau Salep vitamin A dan D

Luka di bagian dalam hidung bisa sembuh dengan cara sederhana lainnya, hanya dengan menerapkan salep yang mengandung vitamin A dan D dengan kapas ke bagian hidung yang radang. Selain membunuh bakteri pada luka, salep juga akan membantu mengeringkan bagian luka.

11. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Salah satu penyebab flu dan pilek adalah lemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri dan virus mudah menembus tubuh. Akibatnya, hidung akan terasa gatal, mampet, nyeri, dan sakit. Nah, Anda sangat disarankan untuk mnegkonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral serta sangat dianjurkan untuk menghindari stres dengan latihan ringan.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami