4 Manfaat Mandi Pagi yang Anda Tak Pernah Sadari
Sumber: Hansgrohe.de

Fit & Charming / 19 March 2015

Kalangan Sendiri

4 Manfaat Mandi Pagi yang Anda Tak Pernah Sadari

Lori Official Writer
6043
Selain malas, air yang terasa sangat dingin membuat seseorang enggan mandi di pagi hari. Tak sedikit yang memilih mandi dengan air hangat karena takut bersentuhan dengan air dingin.

Padahal rajin mandi di pagi hari justru memberikan manfaat yang begitu besar bagi kesegaran tubuh. Inilah 4 manfaat mandi di pagi hari yang perlu Anda tahu.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Saat bangun pagi, tubuh baru saja akan kembali bekerja dan peredaran darahnya masih belum bekerja maksimal karena mengalami istirahat selama tidur. Nah, ternyata mandi air dingin di pagi hari sangat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, air dingin di ketahui dapat mencegah kanker, serangan jantung dan diabetes.. Penelitian dari Lembaga Penelitian Trombosit di Inggris bahkan mengklaim, air dingin bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sejumlah studi mengatakan bahwa tubuh masih dalam performa maksimal di pagi hari. Sehingga mandi pagi akan sangat membantu untuk meningkatkan perkembangan sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh dengan menangkal serangan virus dan bakteri yang mencoba menyerang bagian tubuh. Selain itu, air dingin membuat tubuh terasa ringan dan mendorong pikiran kembali bekerja dengan maksimal.

3. Meningkatkan kesuburan

Mandi di pagi hari mampu meningkatkan kesuburan pria. Sebab air dingin diyakini mampu menjaga kesehatan reproduksi pada pria dan wanita, yakni hormon testosteron dan estrogen.

4. Usir depresi

Sebuah penelitian menyebutkan, kesegaran air dingin di pagi hari bisa membuat hati menjadi tenang dan pikiran menjadi lebih segar. Dengan mandi air dingin di pagi hari, pikiran akan terasa jauh lebih tenang dan stres pun hilang. Pasalnya, air dingin akan mengirimkan impuls listrik dari saraf perifer ke otak yang menghasilkan efek anti-depresi.

Setelah mengetahui manfaat besar mandi di pagi hari, masihkah Anda malas mandi? Kalahkan rasa malas dan takut dingin Anda demi kesehatan pikiran dan produktifitas tubuh Anda sepanjang hari.    

Sumber : Vemale.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami