Sinode GKSI Nonaktifkan Pendeta Matheus Mangentang
Sumber: Podium

Internasional / 13 March 2015

Kalangan Sendiri

Sinode GKSI Nonaktifkan Pendeta Matheus Mangentang

daniel.tanamal Official Writer
5632

Akibat sedang menghadapi tuntutan hukum dan juga dianggap melakukan sejumlah pelanggaran terhadap AD ART, Sinode Gereja Kristen Setia Indonesia (GKSI) menonaktifkan Ketua Sinode GKSI Pendeta Matheus Mangentang (MM).

 

“Hasil sidang istimewa Sinode Am GKSI yang sah di TMII tanggal 20-22 November 2014 yang lalu, telah menonaktifkan Pdt Matheus Mangentang karena terus berusaha membabi buta melakukan langkah-langkah yang tidak sesuai AD-ART dan firman Tuhan,” terang Majelis Tinggi Sinode GKSI Frans W. Ansanay, S.Th, seperti dirilis podium, Rabu (11/3).

 

Dengan didampingi Sekum GKSI, Pdt. Senny Manafe, Frans menyebutkan bahwa GKSI mengeluarkan AD-ART dengan beberapa keputusan seperti, ketua terpilih harus memperbaiki administrasi antara gereja, yayasan dan lembaga pendidikan, selain itu semua yayasan dan lembaga pendidikan harus dibawah GKSI, dan juga bahwa ketua terpilih diambil sumpah untuk melaksanakan amanat ini.

 

Akan tetapi pada pelaksanaannya, justru MM banyak melakukan langkah yang diluar dari amanat tersebut. Seperti membuat Yayasan SABBAS (SETIA Arastamar Bagi Bapa Sorgawi) yang kental nuansa keluarga dan yayasan tersebut diluar dari sinode dan gereja. Puncaknya adalah ketika MM dilaporkan atas kasus dugaan penipuan yang diajukan oleh Pdt Yohanis Henuk sebagai wakil mahasiswa STIKIP Arastamar. Dalam kasus ini, MM sebagai rektor STKIP Arastamar diduga melakukan tindak pidana penipuan menjalankan aktifitas perkuliahan perguruan tinggi tanpa legalitas.

Untuk itu Frans meminta agar MM mau memperbaiki sikapnya dengan secara terus terang dapat menjelaskan secara terperinci tindakan-tindakan yang selama ini dilakukannya dan mau meminta maaf juga bertobat.

 

Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami