Puji Astuti

Official Writer
3543


Wanita ini berprofesi sebagai seorang designer dan penulis buku, namun Beth Doane telah memberi dampak bagi banyak anak-anak di negara berkembang dan menanam 30,000 pohon di berbagai belahan dunia melalui karyanya. Usianya kini baru 31 tahun, namun lulusan fakultas komunikasi dan seni teater dari Eastern Michigan University ini telah masuk dalam daftar wanita yang berpengaruh di dunia.

Beth Doane lahir di kota kecil Whitehouse, Ohio pada 20 Juli 1983. Setelah lulus kuliah dengan gemilang, di usia 22 tahun ia mendirikan usaha import fashion Andira dan mendistribusikannya. Ia berhasil meluncurkan merek  ekslusif di Eropa dan merambah pasar Amerika Serikat di tahun 2008.

Setelah menjadi saksi mata atas pelanggaran hak asasi manusia dan perusakan lingkungan yang diakibatkan oleh industri fashion, ia membuat tindakan nyata untuk mengatasi dan meningkatkan kesadaran atas hal itu. Di tahun 2007 ia mendirikan RainTees, satu-satunya merek yang menggunakan karya seni yang dibuat anak-anak yang diaplikasikan dalam desain mereka. Keuntungannya ia salurkan untuk pendidikan anak-anak di negara-negara berkembang dan memperbaiki ekosistem yang mengalami krisis di negara-negara tropis. Merek ini diluncurkan pada pagelaran desain musim gugur tahun 2008, dan diekspos oleh media seperti People, Glamour, the Huffington Post dan Seventeen.

"Untuk setiap kaos yang kami jual, sebatang pohon ditanamkan di belahan dunia lain yang kritis melalui rekan pelayanan sosial kami, Trees for the Future," demikian penjelasan Beth yang dikutip oleh Nationalgeographic.com.

Lini produk RainTees sukses besar dan mendapat dukungan dari berbagai selebrity yang memiliki kepedulian kepada lingkungan hidup. Hari ini, RainTees bekerja sama dengan berbagai lembaga non-profit yang berada di lebih dari dua puluh negara dan membuat program sahabat pena yang menghubungkan ribuan anak muda di negara berkembang yang beresiko untuk mendapatkan dukungan secara emosional dan pendidikan.

Selain aktif sebagai aktifis lingkuangan, dermawan dan pengusaha, Beth Doane juga aktif menulis di berbagai media. Ia menulis sebuah buku untuk anak-anak berjudul "From the Jungle" yang bercerita tentang kepedulian lingkungan. Ilustrasi pada buku ini dibuat oleh seniman Mel Lim. Buku tersebut memenangkan penghargaan American Graphic Design Award (GDUSA) di tahun 2010.

Kini Beth fokus menjadi konsultan bagi para pengusaha yang ingin produk dan  layanannya bukan hanya ramah lingkungan namun sadar akan kelangsungan lingkungan hidup dan telah menangani berbagai produk dari perusahaan global juga perusahaan nirlaba. Ia juga aktif menjadi pembicara pada berbagai seminar bahkan pada tahun 2012 ia menjadi pembicara kunci di Perserikatan Bangsa-Bangsa.


Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus