4 Tips untuk Pebisnis & Investor Pemula

4 Tips untuk Pebisnis & Investor Pemula

Lusiana Official Writer
3696

Bisnis dan investasi adalah dua topik yang selalu tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Makin banyak orang yang akhirnya terjun memulai bisnis. Kesadaran masyarakat untuk berinvestasi juga semakin tinggi. Karenanya, Solusi Life kembali mengangkat topik ini di akhir bulan Februari lalu dengan menghadirkan seorang narasumber berkompeten, yaitu Juhono S. Sudirgo .

Menurut Direktur PT Peak Sekuritas ini, kesuksesan dalam berbinis adalah tergantung PERSIAPAN dan KESEMPATAN. Bagian kita adalah mempersiapkan diri dan bisnis kita dengan sebaik-baiknya, sehingga ketika momentum atau kesempatan itu datang, kesuksesan bisa kita raih. Ada 3 hal penting untuk pebisnis pemula yang ia rangkum menjadi LED: Like, Education, dan Dream.

LIKE adalah memulai bisnis dari hal-hal  yang disukai atau passion, bukan hal-hal yang di luar kemampuan  yang dimiliki. Bayangkan kalau setiap hari kita mengerjakan sesuatu yang bukan passion kita, pasti akan banyak menghabiskan energi dan hasilnya tidak maksimal. Tips kedua adalah EDUCATION. Disini Juhono lebih berbicara tentang pengetahuan atau skill. Misal punya kemampuan desain grafis untuk membangun bisnis advertising atau punya resep turun temurun untuk bekal awal membuka rumah makan. Jadi memulai bisnis tidak dari nol sama sekali. Tips terakhir adalah DREAM. Mimpi yang besar harus kita bangun dari dasar atau pondasi yang tepat. Bangun bisnis dengan dasar yang bener, bagaimana mengatur keuangan yang benar, mengerti persoalan membayar pajak dll.
Bisnis adalah salah satu bentuk investasi dimana kita menginvestasikan modal kita untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Bicara mengenai investasi, Juhono juga mengatakan bahwa donasi adalah salah satu bentuk investasi, jadi harus menguntungkan. Bedanya adalah keuntungan itu dirasakan oleh orang lain, bukan diri kita sendiri. Tanam uang di tempat yang subur, cari lahan atau tempat yang menghasilkan dan bertumbuh.

Tips dari Juhono tentang berinvestasi lewat donasi adalah:

1. Ada budget khusus, bukan spontanitas
2. Harus rutin, sama halnya dengan bentuk investasi kita lainnya (asuransi, reksadana dll)
3. Jumlah meningkat bertahap
4. Perlu memilih kemana harus memberi, apakah untuk bencana, anak yatim atau tempat lain. Sesuaikan dengan passion Anda.

Salah satu cara untuk memilih tempat berinvestasi lewat donasi adalah harus sampai terlihat dampak atau buahnya. Sebagai contoh, jika hari ini berdonasi untuk seseorang bisa masuk kuliah, harus pikirkan bagaimana sampai ia lulus.
Donasi itu bukan tentang berapa rupiahnya, tapi seberapa besar dampaknya.

Masih belum menemukan tempat yang tepat untuk meletakkan 'investasi donasi' Anda?

Mengunjungi halaman ini mungkin akan membuka mata Anda, bahwa ada pelayanan yang membawa dampak besar untuk bangsa ini, yaitu program TV CBN. Donasi Anda akan mendukung program TV CBN membawa berita kabar baik hingga ke seluruh tanah air lewat media televisi dan internet. Jadilah Mitra CBN dan mendukung pekerjaan Tuhan lewat media.
Jika Anda mau terlibat dalam pelayanan media dengan menjadi Mitra CBN, silahkan isi form di bawah ini. God bless!


Ikuti Kami