Yuk, Belajar Jadi Businesswoman dari 3 Pengusaha Muda Ini
Sumber: Google

Entrepreneurship / 2 March 2015

Kalangan Sendiri

Yuk, Belajar Jadi Businesswoman dari 3 Pengusaha Muda Ini

Lori Official Writer
6911

Melejitnya industri kreatif saat ini, tampaknya membuka peluang besar bagi mereka yang tengah serius ambil bagian atau berencana membangun kerajaan bisnis sendiri. Tren ini bahkan ikut membuat para kaum hawa tergiur menjadi seorang businesswoman.

Sebagai wanita, bukan tidak berarti Anda tidak dapat menjadi pesaing berat dari sederet pengusaha-pengusaha lainnya. Bila Anda benar-benar serius hendak merintis usaha, ada baiknya mempelajari kunci sukses usaha dari tiga pengusaha muda ini.

1. Tentukan bidang usaha yang akan digeluti

CEO Octovate Group Asia dan CMO Kapanlagi Network, Ben Soebiakto mengatakan bahwa sebelum membangun usaha, seorang pengusaha pemula sebaiknya menentukan terlebih dahulu bidang usaha yang akan digeluti. “Hal yang paling mudah adalah mengetahui apa yang kita sukai. Dari situ selanjutnya bisa menjadi ide untuk memulai bisnis,” ujar Ben.

2. Bangun usaha sesuai passion

Senada dengan Ben, COE Artotel Indonesia, Erastus Radjiman pun mengungkapkan bahwa setiap pengusaha sepatutnya membangun usaha seusai dengan apa yang disukai sehingga saat menjalaninya benar-benar dinikmati. “Jika kita menjalani bisnis dari apa yang kita sukai dan menyukai apa yang kita kerjakan, maka kesempatan juga akan datang. Basically, just do what you love and love what you do,” tutur Arastus.

3 Miliki link seluas-luasnya 

Pengalamannya di bidang usaha menggerakkan seorang Co-Founder dan Managing Director Tiket.com, Gaery Undarsa untuk berbagi kunci sukses. Bagi Gaery, sebuah usaha tidak akan terlepas dari bantuan dan dukungan dari pihak lain. Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan oleh seorang pengusaha adalah membangun link seluas-luasnya untuk mendapatkan investor atau partnership. Dengan mencari investor yang memiliki passion yang sama dengan usaha yang telah digeluti merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan usaha di kancah yang lebih luas.

Ia juga menambahkan bahwa mengetahui kemauan atau tren pasar wajib dilakukan. Jangan sampai produk usaha tidak diminati target market. “Banyak dari teman saya yang pada akhirnya bisnisnya jadi tidak berhasil karena terlalu idealis,” tambah Gaery.

Merintis sebuah usaha memang tidak mudah, apalagi untuk pemula. Sikap pantang menyerah dan selalu ingin berusaha merupakan modal yang sangat penting. Usaha tidak akan pernah berhasil bila modal yang ada tidak dibarengi dengan keinginan hati untuk menjalankan usaha. Yuk, belajar pengalaman para pengusaha sukses lainnya.

Sumber : Fimela.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami