Cerdas Merumuskan Tujuan Investasi Untuk Masa Depan

Cerdas Merumuskan Tujuan Investasi Untuk Masa Depan

Puji Astuti Official Writer
5025

Investasi bukan sekedar mengumpulkan keuntungan atau melipatgandakan penghasilan Anda, namun lebih dari itu, investasi adalah tentang mempersiapkan masa depan Anda. Setiap orang bisa menentukan tujuan investasinya berdasarkan kebutuhannya. Tujuan itu nanti akan membantu untuk menentukan jenis  dan jangka waktu investasi.

Banyaknya keinginan dan kebutuhan seringkali membuat seseorang sulit untuk membuat tujuan investasi yang jelas dan terfokus. Pada akhirnya hal tersebut membuat rencana investasinya pun tidak terfokus.

Mengukur kesiapan Anda

Salah satu cara mengukur apakah Anda siap untuk berinvestasi atau tidak adalah dengan melihat kondisi kesehatan keuangan Anda. Salah satu cirinya adalah Anda memiliki arus kas yang sehat. Jika setiap bulan arus kas Anda masih defisit, maka hal itu menunjukkan bahwa kondisi keuangan Anda ada hal yang perlu diperbaiki. Mungkin saja itu pengeluaran yang berlebihan atau hutang yang belum terlunasi. Pastikan hal tersebut diselesaikan dahulu, terlebih masalah hutang. Prioritas utama adalah lunasi hutang sebelum memulai berinvestasi.

Menentukan tujuan investasi Anda

Salah satu cara untuk menentukan tujuan investasi Anda adalah dengan menggunakan konsep akronim SMART, yaitu : Spesific, Measurable, Attainable, Realistik, dan Time Bound.

Spesific adalah menentapkan tujuan yang jelas, Anda perlu mendeskripsikan untuk kebutuhan apa di depan nanti hasil investasi akan Anda gunakan. Sebagai contoh, misalnya untuk membiayai kuliah anak, atau untuk masa pensiun, dan lain sebagainya.

Measurable atau terukur, yang dimaksudkan disini alah Anda bisa membuat kalkulasi, tahapan dan cara pencapaian nilai investasi yang Anda inginkan. Misalnya dengan membuat periode waktu, pemilihan instrumen investasi dan perkiraan hasil investasi dalam periode waktu tersebut, semuanya dapat terukur dan diperkirakan sehingga meminimalkan resiko.

Attainable adalah membuat rencana investasi yang realistik dan bisa dicapai. Selain itu dalam menentukan target investasi Anda juga perlu mempertimbangkan nilai uang di masa kini dan di masa depan. Hal ini berkaitan dengan inflasi serta nilai investasi.

Time bound berbicara tentang jangka waktu, yaitu perhitungan kapan nilai investasi yang Anda inginkan dapat dicapai. Jangka waktu ini nanti akan berkaitan dengan jumlah uang yang akan diinvestasikan dan nilai imbal balik atau keuntungan yang diharapkan. Jadi saat Anda menentukan tujuan Anda, perhatikan pula berapa lama target itu bisa tercapai berdasarkan modal yang Anda miliki.

Sumber : Kontan.co.id | Puji Astuti

Ikuti Kami