4 Tips dari Jokowi yang Bikin Usaha Anda Maju
Sumber: Tempo.co

Entrepreneurship / 16 February 2015

Kalangan Sendiri

4 Tips dari Jokowi yang Bikin Usaha Anda Maju

Lori Official Writer
7096
Sebelum berkecimpung dalam dunia politik hingga terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dikenal sebagai pengusaha mebel yang sukses. Bukan mudah bagi Jokowi untuk merintis usaha perkayuan ini sejak tahun 1988, beragam rintangan termasuk minimnya modal usaha juga pernah ia hadapi. Berkat tekat dan keberaniannya, Jokowi sukses mendirikan sebuah perusahaan furnitur dimana hasil produksinya telah sukses menembus pasar mancanegara.

Berikut tips bisnis yang dilakukan Jokowi selama menggeluti bisnis selama 25 tahun.

1. Miliki inovasi dan kreativitas

Para pelaku usaha sepatutnya memiliki daya inovasi dari setiap produk yang ditawarkan. Selain itu, untuk memberi kesan yang berbeda, wirausaha muda juga harus kreatif menjual produk yang berbeda dari produk lainnya. “Kita bisa saja melihat barang-barang di sekitar kita. Kira-kira apa yang dibutuhkan,” kata Joko Widodo dalam sebuah kesempatan acara diskusi entrepreneurship pada tahun 2013 silam.

2. Berikan pelayanan prima pada konsumen

Saat menjalankan bisnis, mantan gubernur DKI Jakarta ini mengaku selalu memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Misalnya, jika konsumen yang berasal dari luar negeri, maka Anda bisa menawarkan pelayanan seperti memberi layanan jasa antar barang hingga bandara.

3. Tetap konsisten

Para pengusaha diharapkan stetap memiliki fokus penjualan produk. Tidak mudah berpindah pada usaha lain jika tengah mengalami kemerosotan penjualan. Jokowi menyarankan agar tetap berjuang dengan usaha tersebut sembari kembali belajar untuk menghindar dari kesalahan atau kegagalan masa lalu.

4. Menjadi pengusaha yang profesional

Saat pengusaha menjalankan bisnisnya dengan profesional, maka pelanggan atau konsumen akan percaya pada usaha yang Anda jalankan. Dengan begitu, mereka akan selalu datang mencari produk Anda.

Bagaimana dengan Anda para pengusaha, sudahkah Anda memiliki empat tips sukses Jokowi di atas? Selamat melangkah dan berani mencoba para calon pengusaha sukses!

Sumber : Suarapengusaha.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami