Jomblo, Yuk Wisata Sembari Cari Jodoh di Bulgaria dan Tiongkok

Jomblo, Yuk Wisata Sembari Cari Jodoh di Bulgaria dan Tiongkok

Lori Official Writer
4406
Unik! Begitulah yang bisa menggambarkan destinasi wisata di Bulgaria dan Tiongkok. Dua negara ini ternyata punya pasar jodoh yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Bagi Anda para jomblo, dua wisata ini patut Anda sambangi jika punya rencana berlibur ke masing-masing negara tersebut.

Lalu, seperti apa kedua wisata pasar jodoh tersebut, akan diuraikan seperti di bawah ini.

Bridal Market Bulgaria


Para anak gadis tampil dengan gaun dan make up | source: vimeo.com

Pasar jodoh ini terletak di Desa Mogila dekat Stara Zagora. Pasar ini dikhususkan untuk membantu para jomblo menemukan pasangan atau jodohnya. Pasar Bulgaria biasa disebut Bridal Market dan akan dibuka setiap hari Sabtu pertama di pertengahan bulan Maret.

Ada yang unik dengan di pasar jodoh ini. Salah satunya adalah Anda akan melihat atraksi dari sekumpulan muda mudi dari komunitas Kalaidzhi Roma berkumpul dan mengenakan pakaian terbaik mereka. Hal itu dilakukan agar dapat menarik perhatian lawan jenisnya.

Gadis-gadis tampil mengenakan gaun terbaik dan make up, sedang pria mengenakan celana jeans hitam dengan kaos yang menonjolkan otot kekar mereka. Lengkap juga dipadu dengan jaket kulit.

Pasar jodoh digelar dengan latar belakang tradisi kaum Kalaidzhi dimana anak gadis sangat kesulitan bertemu dengan lawan jenis. Sebab rata-rata di usia 15 tahun mereka sudah berhenti sekolah dan hanya belajar di rumah. Kebanyakan komunikasi hanya dapat dijalin lewat internet. Untuk itu, pasar jodoh hadir sebagai tempat bagi mereka untuk menemukan pasangan. Para orang tua juga turut hadir mendampingi anak gadis dan anak pria mereka.

Saat sudah menemukan pasangan, orang tua akan turut serta, dimana keluarga pria akan membayar sejumlah uang kepada keluarga sang gadis. Harga untuk setiap gadis yang didapatkan pun bervariasi, biasanya gadis cantik dan masih perawan akan dipatok harga tinggi. Namun sisi lain, uang akan ditarik kembali bila terbukti anak gadis tersebut tak lagi perawan. Sebab kaum Kalaidzhi sangat menjunjung tinggi kesucian seorang gadis.

Marriage Market Tiongkok


Seorang gadis mencari daftar jodoh yang sesuai dengan kriterianya | source: www.dailymail.co.uk

Pasar jodoh Tiongkok atau Marriage Market biasanya digelar di People’s Park, Shanghai, Tiongkok. Para orang tua akan membawa surat semacam CV yang berisi informasi mengenai data anak gadis dan pria mereka.

CV tersebut berisi data lengkap sang jomblo seperti usia, tinggi badan, pekerjaan, gaji per bulan dan lain-lain. Lalu surat itu dipajang di pasar dan tinggal dibacakan saja. Jika jomblo tertarik, maka bisa langsung menghubungi orang tua yang bersangkutan.

Destinasi ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung dan belajar tentang kebiasaan unik di pasar jodoh tersebut. Atau mungkin ada juga wisatawan yang saat berkunjung justru bertemu pasangan secara tak disengaja di sana. Bagaimana dengan Anda tertarik dengan wisata ini?

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami