KPAI Protes Penjualan Cokelat Valentine Berhadiah Kondom

Nasional / 11 February 2015

Kalangan Sendiri

KPAI Protes Penjualan Cokelat Valentine Berhadiah Kondom

daniel.tanamal Official Writer
4738
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memprotes beredarnya penjualan paket cokelat berhadiah kondom atau alat kontrasepsi jelang Hari Valentine. KPAI khawatir, paket cokelat dan kondom tersebut menyasar pada konsumen anak-anak maupun remaja.

“Kami juga menemukan di beberapa minimarket dan swalayan ada cokelat yang dijual bersama kondom. Ini bisa jadi rayuan juga karena beredarnya pada saat menjelang valentine,” ujar Wakil Ketua KPAI Maria Advianti di Kantor KPAI, Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Maria menjelaskan bahwa kondom merupakan alat kontrasepsi konsumsi orang dewasa karena dipakai saat berhubungan seksual, sedangkan cokelat selama ini identik dengan pemberian di Hari Valentine.  

“Cokelat dikaitkan dengan kondom. Apakah cinta itu harus selalu dengan hubungan seksual? Ini pemahaman yang harus diberikan secara masif kepada adik-adik kita sehingga mereka tidak terjebak ke dalam pemahaman yang dimanfaatkan produsen,” terangnya.

Pihaknya mengingatkan bahwa hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari itu bukanlah ajang untuk melakukan seks bebas. Remaja harus memahami menjaga kesehatan reproduksinya dan risiko melakukan seks pranikah.

Paket cokelat berhadiah kondom ini sebelumya beredar di Malang, Jawa Timur hingga ke Jakarta. Di Ibukota, Maria mengungkapkan bahwa penjualan paket tersebut dilakukan secara sembunyi dan baru akan dikeluarkan jika ada konsumen yang meminta.

 


<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami