Tips Perkuat Sinyal GSM/CDMA Smartphone
Sumber: Elvendigital.com

Entertainment / 7 February 2015

Kalangan Sendiri

Tips Perkuat Sinyal GSM/CDMA Smartphone

Lori Official Writer
5407
Salah satu kendala yang paling menyebalkan saat browsing adalah terputusnya sinyal GSM atau CDMA  secara tiba-tiba. Hal itu bisa saja terjadi karena gangguan dari operator atau material bagunan di sekitar tempat Anda yang memblokir sinyal seluler.

Tak perlu jengkel bila mengalaminya. Pasalnya, ada tips baru yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sinyal jaringan seluler smartphone Anda dengan cara ini.

1. Gunakan sinyal booster

Sinyal jaringan seluler bisa Anda tingkatkan dengan cara memasang perangkat signal booster. Namun perangkat ini biasanya dipakai oleh smartphone yang memiliki satu bar saja dan harus dilakukan secara legal. Karena penggunaan perangkat ini secara illegal bisa dikenai sanksi sesuai dengan Pasal 55 UU Telekomunikasi dengan hukuman penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp600 juta. Untuk menghindari hal itu, hubungi terlebih dahulu operator selulernya dan tanyakan apakah mereka menyediakan perangkat sinyal booster.

2. Gunakan microcell pole (MCP)

MCP adalah pengganti menara macro atau Base Transceiver Station (BTS) yang memakai jaringan frekuensi udara, sementara MCP berbasis fiber optik yang fungsinya sebagai penguat sinyal. Perangkat yang satu ini bayak digunakan di daerah dengan pengguna smartphone yang cukup tinggi, seperti di wilayah pasar dan pusat bisnis. Pemasangannya pun tidak sembarang, sebab regulasinya sudah diatur dalam Undang-Undang Peraturan Presiden (Perpres) No.96/2014 tentang PPita Lebar Indonesia 2014-2019. Untuk itu dianjurkan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah di lokasi Anda tinggal.

3. Aplikasi khusus penguat sinyal

Menggunakan perangkat seperti sinyal booster dan microcell phone  mungkin akan sangat merepotkan Anda. Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal di smartphone. Terdapat dua pilihan aplikasi yang bisa digunakan, yaitu Network Signal Speed Booster atau Network Booster Free.

Network Signal Speed Booster berguna untuk mendorong performa smartphone Android dalam melacak dan mendapatkan sinyal jaringanyang lebih baik. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendukung aktivitas telepon dan pesan singkat. Sedang Network Booster Free berguna untuk mengoptimalkan sinyal seluler yang lebih baik. Salah satu keunggulannya adalah mampu mengidentifikasi sinyal terbaik yang terpancar dari BTS operator seluler yang ada di sekitar Anda.  Kedua aplikasi ini bisa di download secara gratis lewat Google Play Store di smartphone Anda.

Perangkat-perangkat di atas memang bukan sembarang perangkat yang secara bebas digunakan untuk meningkatkan sinyal jaringan seluler. Sebab penggunaannya sudah diatur dalam Undang-Undang.  Hal itu berguna untuk mengajak Anda sebagai pengguna smartphone tetap mematuhi peraturan telekomunikasi.

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami