IRCI Gelar Dialog Damai Antar Umat Beragama
Sumber: crcs.ugm.ac.id

Internasional / 4 February 2015

Kalangan Sendiri

IRCI Gelar Dialog Damai Antar Umat Beragama

daniel.tanamal Official Writer
3868
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Inter Religious Council Indonesia (IRCI), sebuah lembaga naungan agama-agama di Indonesia akan menggelar dialog mengenai kebangsaan dan perdamaian antarumat beragama bertajuk World Interfaith Harmony Week (WIHW) di Gedung Nusantara IV, Kompleks DPR, Jakarta, Jumat (6/2).

Menurut perwakilan PGI, Albertus Patty, acara WIHW sangat positif. Menurutnya, dalam masyarakat cyber, yang mana semua orang bisa berkomunikasi dengan sesama di belahan dunia, membuat pesan spiritual dilupakan. Sebab, teknologi membentuk tembok pemisah.

"Tembok pemisah tersebut menghasilkan masalah yang menciptakan sifat ketamakan seseorang, sehingga terjadi perselisihan yang mengakibatkan pertumpahan darah antarumat beragama. Sudah tidak ada lagi rasa persaudaraan," tandasnya di Gedung CDCC, Jakarta, Selasa (3/2).

Sekjen IRCI, Theophilus Bela, mengatakan bahwa pada 2014 konflik agama menurun dari tahun sebelumnya dan tercatat hanya 24 kasus. Ia berpendapat setiap tahun politik, masalah agama selalu menurun layaknya yang terjadi pada 2009, tercatat hanya delapan kasus.

"Oknum yang rata-rata pengangguran mungkin lagi giat dan mendapat dana di tahun politik, sehingga sedikit masalah konflik agama yang diciptakan," ungkap Theophilus.

Pada saat pembentukan panitia acara hadir sejumlah perwakilan pemuka agama seperti Sekjen Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Edy Purwanto, perwakilan dari Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Albertus Patty, perwakilan dari Hindu, Nyoman Udayana, perwakilan Budha, Imam, presidium IRC Iqbal Sullam, dan Sekjen IRCI, Theophilus Bela.

 

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami