Cangkang Telur Bisa Deteksi Kualitas Pasta Gigi Lho!
Sumber: Elacraciun.ro

Health / 2 February 2015

Kalangan Sendiri

Cangkang Telur Bisa Deteksi Kualitas Pasta Gigi Lho!

Lori Official Writer
4852
Kualitas pasta gigi akan sangat menentukan kesehatan gigi. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui kandungan fluoride dalam pasta gigi sesuai dengan kebutuhan gigi Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mendeteksi kualitas pasta gigi Anda di rumah dengan menggunakan cangkang telur yang berperan sebagai gigi karena sama-sama memiliki jaringan kalsium yang rentan terhadap asam. Sedang cuka berperan sebagai asam pada mulut. Asam pada cuka dan asam pada mulut sama-sama bersifat korosif dan bereaksi terhadap kalsium. Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1  

Ambil sebutir telur dan bagi cangkangnya. Kemudian lumuri atau rendam keduanya dengan pasta gigi yang berbeda.

Langkah 2

Diamkan cangkang yang telah dilumuri tersebut dalam rendaman pasta gigi selama empat hari. Kemudian bersihkan menggunakan air.

Langkah 3

Celupkan kedua cangkang ke dalam cairan cuka. Diamkan selama 3 jam, dan perhatikan perbedaannya.

Dari eksperimen ini, Anda bisa melihat jika dalam waktu 3 jam sisi kulit telur yang sudah direndam dalam larutan cuka menjadi tidak utuh, artinya kandungan fluoride dalam pasta gigi belum maksimal. Anda dapat mendeteksi pasta gigi dengan kandungan fluoride rendah bila memiliki ciri-ciri berikut:

- Cepat menghasilkan gelembung-gelembung udara saat pertama kali dicelupkan

dalam larutan asam.

- Cepat terapung karena berat jenis telur menjadi berkurang akibat lepasnya kalsium

dari kulit telur.

- Cepat mengalami pengelupasan cangkang telur dalam waktu 3 jam.

Penggunaan pasta gigi yang tepat sangat berperan besar menjaga kekuatan dan kesehatan gigi, sebab gigi akan mudah keropos akibat kondisi gigi, substrat atau sisa makanan yang melekat dalam gigi, mikroorganisme dan rentan waktu. Oleh karena itu, dibutuhkan pasta gigi yang mengandung cukup fluoride, disarankan juga pasta gigi yang mengandung System Protictive Layer (SPL).

Selain itu, Anda juga sangat disarankan mengkonsumsi banyak sayur dan buah, karena keduanya bersifat sebagai pencuci mulut yang memicu produksi air liur. Sehingga dapat mengurangi tingkat keasaman di mulut dan mengurangi risiko gigi keropos. Rajin-rajin sikat gigi juga sangat penting lho. Wajibkan menyikat gigi 2 kali sehari untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami