Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
5971


Perang tak selamanya berakhir di medan tempur, seperti sebuah kutipan kalimat dalam film ini, tetapi kemenangan itu terjadi di ruangan tanpa darah. Dan hal itu nyata terjadi saat pergolakan Perang Dunia II ketika sejumlah orang bekerja keras menyusun strategi perang lewat permainan palsu atau The Imitation Game, film yang diangkat dari biografi Alan Turing, seorang ahli matematika Inggris yang berjasa menciptakan mesin turing dan pemecah kode enigma pertama di dunia.

Alan Turing (Benedict Cumberbatch) adalah ilmuwan, kriptografer, ahli matematika, filsuf dan pelari marathon yang menghabiskan waktunya selama Perang Dunia II untuk membangun proto-komputer pertama untuk membantunya dan rekan-rekannya mendeskripsi Enigma, kode Nazi yang digunakan untuk mengkoordinasikan gerakan perang mereka. Bila hal ini bisa terpecahkan, maka Sekutu bisa memperoleh keuntungan strategis untuk mengendalikan perang.

Sebagai film drama biography, sutradara Morten Tyldum benar-benar memfokuskan filmnya pada seluk beluk kehidupan Alan. Film inipun disusun dengan  alur maju mundur, mengisahkan tentang masa remaja Alan Turing yang kerap mendapat penindasan dari teman-temannya. Seorang teman bernama Christopher pun selalu hadir membela sehingga menumbuhkan perasaan berbeda dalam diri Alan Turing, yang kemudian ia diketahui sebagai homoseksual.

Kelainan seksual itulah yang kemudian menjadi persoalan besar yang membelit kehidupan Alan. Awalnya, kehadiran Joan Clarke (Keira Knightley) memang masih belum memunculkan keanehan yang dialami Alan. Namun alur mundur yang memperlihatkan Alan saat berusia 15 tahun bersama Christopher dan percakapannya dengan salah satu dari rekannya menjelaskan masalah tersebut. Meskipun pada akhirnya Alan secara jujur mengakui dirinya seorang homoseksual kepada Joan, yang pada saat itu adalah tunangannya.

Secara keseluruhan film ini berfokus pada pekerjaan Alan memecahkan kode Enigma untuk pemerintah Inggris, yang kemudian ditutup dengan kenyataan bahwa Alan terbelit hukum atas kasus homoseksual yang dideritanya. Sesuai dengan catatan perjalanan hidupnya, Alan kemudian didakwa dan tak lama kemudian dirinya dinyatakan bunuh diri dalam usia 41 tahun. Kendati demikian, film ini mengingatkan kembali tentang Alan Turing, sosok jenius yang telah berjasa menyelamatkan jutaan nyawa di tengah Perang Dunia II dengan penemuan teknologi termuktahirnya, yang saat ini kita kenal dengan komputer.

 

The Imitation Game

Sutradara : Morten Tyldum

Genre : Drama/Biography

Produser : Nora Grossman, Ido Ostrowsky, Teddy Schwarzman

Penulis : Graham Moore

Pemain : Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode, Charles Dance, Mark Strong, Allan Leech, Tuppence Middleton, Rory Kinnear, Steven Waddington

Sumber : Movieguide.org/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Herdiansyah channel 26 February 2020 - 16:36:04

kecil tapi dahsyat?

0 Answer

Lindha 25 February 2020 - 23:53:55

Para gembala diundang Yesus untuk mewakili

0 Answer

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)