8 Strategi Pemerintah Menuju Indonesia Bebas Kusta 2019

Info Sehat / 27 January 2015

Kalangan Sendiri

8 Strategi Pemerintah Menuju Indonesia Bebas Kusta 2019

Lori Official Writer
10369
Tepat Minggu (25/1), seluruh dunia memperingati hari kusta. Peringatan penyakit kusta ini tentunya sangat mendapat perhatian negara-negara di berbagai belahan dunia, khususnya Indonesia. Pasalnya, pada tahun 2013 saja Indonesia tercatat sebagai negara ketiga dunia dengan kasus kusta sebanyak 16.825 kasus baru dengan angka kecacatan 6.82 per 1.000.000 penduduk. Sementara negara yang penduduknya paling banyak menderita kusta terjadi di India dengan 134.754 kasus, disusul Brasil sebanyak 33.303 kasus.

Menyikapi hal ini, Menteri Kesehatan Nila Moeloek merencanakan program Indonesia bebas kusta di 34 provinsi di Indonesia, dengan menjalankan sebuah strategi percepatan eliminasi kusta selama lima tahun ke depan dengan susunan rencana kerja yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI di tiap provinsi yang membutuhkan penanganan kusta berikut:

2015 : Provinsi Banten

2016 : Sulawesi Tengah dan D.I Aceh

2017 : Sulawesi Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan

2018 : Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Gorontalo

2019 : Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Papua dan Papua Barat

Kendati tidak mudah, namun pemerintah berkomitmen menjalankan program ini dengan menyusun 8 strategi percepatan eleminasi kusta berikut ini:

Pertama, Peningkatan penemuan kasus secara dini di masyarakat.

Kedua, Pelayanan kusta berkualitas, termasuk layanan rehabilitasi yang terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan rujukan.

Ketiga, Penyebarluasan informasi tentang kusta di masyarakat.

Keempat, Eliminasi stigma terhadap Orang Pernah Mengalami Kusta (OPMK) dan keluarga si penderita.

Kelima, Pemberdayaan orang yang pernah mengalami kusta dalam berbagai aspek kehidupan.

Keenam, Kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Ketujuh, Peningkatan dukungan kepada program kusta melalui penguatan advokasi kepada pengambil kebijakan dan penyedia layanan lain.

Kedelapan, Penerapan pendekatan berbeda berdasarkan endemisitas kusta.

Hal yang tak kalah penting untuk mencapai target pengentasan kusta di Indonesia adalah adanya dukungan kuat dari lingkungan masyarakat dan keluarga terhadap penyandang kusta. Sehingga keinginan untuk sembuh akan jauh lebih besar ketika mereka diterima dan mendapat dukungan secara moral maupun spiritual.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami