Presiden Jokowi Siap Kejar Pemain Harga Pasar
Sumber: AFP

Nasional / 17 January 2015

Kalangan Sendiri

Presiden Jokowi Siap Kejar Pemain Harga Pasar

daniel.tanamal Official Writer
2453
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa dirinya siap mengejar para pelaku pasar yang gemar hobi memainkan stok dan harga. Hal itu terkait dengan turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) dan permintaan dari pemerintah agar pelaku pasar di sektor logistik dan grosir menurunkan harga jual barangnya.

"Yang mau saya kejar, mungkin ini pemilik perusahaan, logistik, grosir besar-besar sembako, saya akan kejar agar harga-harga ikut turun. Hati-hati yang hobinya stok dan main harga, saya akan kejar," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Jokowi mengungkapkan, pemerintah berencana akan kembali menurunkan harga BBM dalam waktu dekat. Dia menyebutkan, perkiraan harga yang ditetapkan berkisar Rp 6.400-Rp 6.500.

Penurunan harga dilakukan karena adanya penurunan harga minyak dunia yang kini berada di level 45-50 USD. Dengan adanya penurunan harga BBM itu, maka Jokowi meminta semua pelaku pasar bisa menyesuaikan harga.

Jokowi menyadari, saat harga premium diturunkan dari Rp 8.500 menjadi Rp 7.500 pada 1 Januari lalu, harga-harga sembako dan ongkos transport tidak juga turun. "Ini yang mau kita kejar di bawah, di lapangan. Harus bisa turun," ungkap dia.

Selain itu Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan bahwa penyesuaian harga sembako ini akan melalui mekanisme pasar permintaan dan penawaran. Selain itu, Sofyan juga menyoroti soal tata niaga di Indonesia yang tidak sehat.

"Struktur pasar tidak sehat, harus diawasi. Bisa saja, karena struktur pasar tidak sehat, harga ongkos turun, tapi nggak turun harga jualnya. Itu bisa dimainkan oleh para distributor dan lain-lain," kata dia.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami